Breaking News

Idul Adha, Masjid Jami' Darussalam Raih Peningkatan 14 Ekor Sapi Kurban

Panitia Kurban Idul Adha Masjid Jami' Darussalam Desa Bagik Payung Selatan, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Tahun 2023.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Hewan kurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Dimna pada Idul Adha tahun 2023 kali ini hewan kurban berjumlah empat belas (14) ekor Sapi.

"Alhamdulillah hewan kurban pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun 2023 ini jumlah hewan kurban yang berjenis sapi jantan 14 ekor. Ini artinya kita mampu meraih peningkatan. Dulu pada tahun 2022 jumlahnya dua belas (12) ekor," ujar Ketua Panitia Kurban, H. Abdul Aziz Mukhtar Karim, Sabtu, (01/07/2013) saat di temui media ini di Masjid setempat.

Sedangkan lanjut dia, meningkatnya hewan kurban pada hari Raya Idul Adha 2023 ini merupakan salah satu dari antusias masyarakat dalam menjalankan ibadah kurban pada setiap tahunnya.

"Salah satu alasan meningkatnya hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha kali ini adalah di tunjang dengan kesadaran masyarakat dan antusiasnya yang tinggi," jelasnya.

Dengan demikian kata dia, diharapkan kedepannya hewan kurban dapat lagi bertambah jumlahnya dan semakin bertambah pula daging kurban didapatkan masyarakat.

Senada disampaikan Ketua Umum Pengurus Masjid Jamik Darussalam yakni Drs. Ismail Makrif, setidaknya ada 17 kelompok yang berkurban pada tahun ini dan itu semua dari masyarakat atau jamaah masjid Jamik Darussalam.

"Dari jumlah hewan kurban yang disembelih hari ini merupakan hasil dari kumpulan kelompok yang dananya di kumpulkan ke panitia kurban," imbuhnya.

Ia berharap kedepannya jumlah hewan kurban agar terus meningkat dan masyarakat tetap taat pada ajaran Nabi.

Ditempat yang sama pula, Kepala Desa Bagik Payung Selatan, Abdul Manan, QH, S.Com.i, menyampaikan, kurban pada tahun ini sebelumnya  telah pun di periksa atau cek kesehatannya oleh Dokter hewan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hewan yang di kurban tersebut ada gejala penyakit seperti cacing pita.

"Hewan kurban Alhamdulillah sehat semua, sebelumnya di periksa atau di cek dulu kesehatannya sebelum di sembelih. Kami bersama panitia kurban juga antisipasi gejala-gejala atau penyakit yang ada pada hewan kurban ini. Intinya semua hewan Kurban sehat dan gemuk-gemuk, sudah sesuai persyaratan," ungkapnya tegas.

Kedepan sambung Kades muda itu, akan terus berusaha untuk meningkatkan jumlah hewan kurban agar lebih banyak lagi dari tahun ini.

"Kami bersama masyarakat kedepannya akan terus berupaya keras agar hewan kurban ini terus bertambah bila perlu dua puluh ekor nantinya kita sembelih," harapnya.

Dari itu, diminta agar masyarakat untuk tetap semangat dan menunjukkan nilai-nilai islami yang sipfatnya sakral seperti ini. Dan pihaknya akan selalu senantiasa memberikan arahan agar terus meningkatkan kurbannya.

Daging kurban diketahui menyasar ke Seribu Lima ratus (1500) Kepala Keluarga (KK) yang ada di Dusun Dasan Baru Raya. 

(BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia