Breaking News

Sosok Kades Yang Sukses Membangun Desanya

Kepala Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga, Mawarlan, M.Si.

LOMBOKTIMUR Bumigoramedia.com - Kepala Desa Tumbuh Mulia adalah sosok yang sukses membangun Desa dan juga termasuk Kepala Desa yang dekat dengan masyarakatnya, pembangunan infrastruktur terus di benahi, guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat begitu juga dengan fisilitas yang lain terus dimaksimalkan, bahkan Balai Desa yang dulunya kumuh kini sudah menjadi gedung yang megah dan nyaman untuk dipakai masyarakat Desa Tumbuh Mulia.
Saat ditemui tim Bumigoramedia.com, Selasa (05/10/2021), Muh Munir Pauzi mengatakan, akses antara sesama Dusun sekarang cukup memadai. "Memang benar sekarang akses antara dusun ke dusun di wilayah Tumbuh Mulia ini sudah cukup lumayan baik dan bahkan dalam tahun ini ada perhatian Pemerintah Desa dalam menunjang pendidikan di mana tahun ini dari anggaran Dana Desa dialokasikan untuk pembangunan Desa." tutur Muh Munir Faozi.

Sementara itu, Kepala Desa Tumbuh Mulia Mawarlan, M.Si menyampaikan, "Dalam tahun ini anggaran Dana Desa Tumbuh Mulia lumayan jadi kami bisa membangun Desa bukan hanya infrastruktur, tapi pembangunan ekonomi dan sumberdaya masyarakatnya." ujar Mawarlan

Desa Tumbuh Mulia terus bergerak maju dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang sosial kemasyarakatan. Santunan Lansia juga merupakan salah satu agenda yang terus dilakukan Pemerintah Desa disetiap tahunnya, 

Selain itu, terlihat ditahun 2021 ini beberapa program sudah tuntas dikerjakan, baik yang program pemerintah maupun program sosial kemasyarakatan. Mawarlan juga selaku Kades tak jarang mengajak warganya melalui lembaga Desa, Kadus, serta pemuda untuk melakukan Gotong royong dalam kerja bakti sosial.
"Perencanaan pembangunan tentunya harus disesuaikan dengan aspirasi masyarakat, kebutuhan serta peraturan yang berlaku. Seperti halnya program pembangunan yang menjadi agenda Pemerintah Desa di Desa Tumbuh Mulia setiap tahunnya. Program pembangunan dan pemeliharaan sarana atau prasarana lingkungan ini adalah kemajuan Desa serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat," terang Mawarlan yang akrab dengan masyarakat
Semangat gotong royong adalah modal besar dalam pembangunan, keterbatasan dan kendala akan menjadi lebih ringan jika semangat gotong royong masyarakat dan kepedulian satu sama lainnya masih terjaga dan desa tumbuh mulia telah membuktikannya.

Keterbatasan anggaran yang diberikan melalui dana Desa tidak sesuai dengan luas wilayah tingkat kesulitan geografis banyaknya penduduk  bukan menjadi kendala bagi kepala desa Mawarlan,M.Si ini untuk membangun Desa dan tak jarang menorehkan banyak prestasi, dengan memupuk semangat gotong royong sehingga cepat mensejajarkan diri dengan Desa lainnya walaupun Desa Tumbuh Mulia masih dikategorikan berusia muda.

Ia juga berharap warga Desa Tumbuh Mulia senantiasa menjaga keamanan Desa demi ketentraman bersama. "Selain menjaga keamanan tentu masyarakat Desa Tumbuh Mulia juga penting menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit, terlebih pada saat ini situasi pamdemi Cobid-19. Saya mengimbau kepada semua elen masyarakat agar tetap menjaga kerukunan, menjaga kesehatan dengan melaksanakan apa yang telah di sarankan pemerintah, baik pemerintah Desa, Daerah, Provinsi, dan Pemerintah Pusat teruta dalam protokol kesehatan Disease Corona Virus (Covid-19)," tutupnya. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia