Breaking News

Dinsos Lotim Minta PemDes Gelar Musdes Verivikasi Penetapan Data Kemiskinan Ekstrim

Kepala Bidang Penangan Fakir Miskin pada Dinsos Lotim, Sukardiman.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Guna menindak lanjuti instruksi Presiden nomer 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan hasil Rapat Koordinasi Kemiskinan Ekstrem di Bappeda Lombok Timur pada tanggal 29 Maret 2023.

Atas dasar itu, Dinas Sosial Lombok Timur (Dinsos Lotim) tekankan semua Pemerintah Desa  (Pemdes) dan Operator Desa (Opdes) agar segera melakukan Verivikasi Validasi Data Kemiskinan Ekstrem 2023 dengan melakukan Musyawarah Desa (musdes).

"Berdasarkan data dari TNP2K, data kemiskinan ekstrem di Lotim tahun 2021 mencapai 63,920 jiwa atau 5,15 % dan turun menjadi 50,908 jiwa atau 4,06 % pada tahu 2022, dan pemerintah pusat menargetkan kemiskinan ekstrem 0% pada akhir tahun 2024," jelas H. A Sukardiman Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin pada Dinsos Lotim pada Kamis, (30/03/2023).

Dan penduduk Lotim sendiri lanjutnya yang masuk pada kemiskinan ekstrem melalui data TNP2K sebanyak 237,788 jiwa atau sebanyak 56,44 KK, maka dari data itu Pemda Lotim diminta untuk memilih atau menetapkan data kemiskinan ekstrem sebanyak 50,908 jiwa dari data detail satu melalui Musdes.

"Kami sudah dikirimkan data BNBA itu yang kemudian akan kami kirim ke semua Opdes SIKS-NG, agar data itu di verivikasi ulang melalui Musdes agar bisa memantapkan data itu sesuai realita dilapangan dengan standar data desil satu yang di minta," lanjutnya.

Sedangkan hasil dari data yang sudah di verivikasi itu akan kembali di kirim ke Dinsos kabupaten sebelum tanggal 10 April 2023 agar bisa di tetapkan oleh keputusan Bupati.

"Untuk itu kami berharap agar semua Camat melakukan koordinasi dengan Kades/lurah UPTD Dukcapil, pendamping sosial TKSK, PKH, Opdes hingga Kawil di setiap wilayah agar sama-sama mengawal verivikasi data kemiskinan ekstrem Ini," tutupnya. (pan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia