Breaking News

50 Anggota DPRD Lotim Terpilih Pileg 2024 Siap Dilantik 21 Agustus

Sekretaris Dewan Lotim, H Ahyan,SH., MH.
LOMBOKTIMUR Bumigoramedia.com - Sebanyak 50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur yang terpilih pada pemilu 14 Februari 2024 kemarin siap dilaktik pada 21 Agustus 2024 mendang, Pelantikan anggota dewan terpilih ini bersamaan dengan akan berakhirnya anggota dewan periode 2019- 2024.

Sebelumnya, KPUD Lombok Tinur juga telah menetapkan 50 nama - nama calon  anggota dewan yang terpilih hasil Pemilu 2024 dan tinggal dilantik juga Prosesnya sekarang sudah diajukan ke gubenur.

"Karena peresmian anggota  DPRD  hasil Pemilu itu harus melalui keputusan gubenur  berkaitan dengan peresmian dan pengangkatan anggota DPRD periode 2024-2029"  terang Sekretaris Dewan Lotim, H Ahyan pada media ini, Rabu (5/6/2024)

Menurut Ahyan, Pihaknya sedang mempersiapkan berbagai kelengkapan untuk pelantikan 50 orang anggota dewan terpilih tersebut. Diantaranya sedang melakukan pengadaan pakaian dinas  dan pin yang akan dipakai anggota dewan pada saat pelantikan, kelengkapan itu saat ini masih dalam proses lelang.

"Kita berharap semuanya berjalan lancar sehingga apa yang sedang kita persiapkan itu bisa dipakai saat pelantikan " harap Ahyan.

Lanjut Ahyan, Persiapan lainnya juga termasuk pembentukan panitia pengambilan sumpah dan janji. Dengan adanya panitia yang dibentuk  diharapkan acara pelantikan dan pengambilan sumpah bisa berjalan lancar dan khidmat.

"Kita akan mempersiapkan semuanya bengan sebaik mungkin. Ini adalah salah satu upaya kita menyambut kehadiran anggota DPRD yang barubaru", ungkap Ahyan.

Selain itu, Ahyan menyebutkan terkait  komposisi  raihan  kursi masing - masing partai  di DPRD  Lombok Timur. Berdasarkan keputusan KPU, posisi pertama ditempati Partai Gerindra yang keluar sebagai pemenang dengan perolehan 6 kursi, disusul posisi kedua PAN 6 kursi, PKS 5 kursi, Nasdem 5 Kursi dan  Demokrat 5 kursi.

"Sedangkan partai yang lainnya mendapatkan 4 ,3 dan 2 kursi. Ada 13 partai politik yang mendapatkan  kursi di DPRD Lombok Timur", rinci Ahyan.

Jika melihat komposisi perolehan  kursi dari 13 partai maka kursi pimpinan  DPRD Lombok Timur akan disisi oleh empat partai. Pertama yaitu  Partai Gerindra menempati kursi ketua,  PAN wakil ketua I, PKS wakil Ketua II dan Nasdem wakil ketua III.

"Gerindra dan PAN memang sama sama mendapatkan 6 kursi, Tapi karena  perolehan suara partai Gerindra lebih banyak maka kursi pimpinan atau Ketua DPRD di raih oleh Gerindra. Sedangkan PAN Wakil Ketua I ", beber Ahyan.

Usai pelantikan, lanjut Ahyan, Dewan terpilih akan bersidang dengan  penetapan pimpinan dewan sementara  sebanyak dua orang, yaitu  ketua dan wakil ketua. Untuk jabatan kursi ketua  sementara  dipastikan akan ditempati oleh Partai Gerindra sedangkan wakil ketua diberikan ke pada PAN.

Penunjukan sementara ini, kata Ahyan, akan berkoordinasi dengan partai politik  terkait siapa yang akan ditunjuk. Sedangkan untuk pimpinan definitif tentunya akan menunggu siapa yang akan direkomendasikan oleh partai.

"Tapi kita berharap paling telat satu bulan pimpinan definitif ini sudah ada " tutup Ahyan. (BM/TON)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia