Breaking News
Live
wb_sunny

Baznas Lotim Mengalami Peningkatan Dalam Pengumpulan ZIS

Baznas Lotim Mengalami Peningkatan Dalam Pengumpulan ZIS

FOTO: Istimewa Baznas Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR,Bumigoramedia.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lombok Timur terus mengalami peningkatan dan perkembangan yang sangat signifikan yang dikarenakan pengaru serta kepercayaan masyarakat yang cukup luar biasa.

Hal itu nampak dari jumlah pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang mencapai Rp. 14.324.705.465 (empat belas miliar tiga ratus dua puluh empat juta tujuh ratus lima ribu empat ratus enam puluh lima) Rupiah, pada tahun 2021 lalu.

Capaian itu tak lepas dari kepercayaan masyarakat, serta kerja keras seluruh jajaran manajemen Baznas yang terus berakselerasi dalam mengumpulkan ZIS dengan pola jemput bola sampai ke tingkat Desa.

Demikian diungkapkan Sekretaris Baznas Lotim, Abdul Hayyi Zakaria, kepada poroslombok di selong, Rabu (25/01/22).

Jumlah tersebut, kata Hayyi merincikan, bersumber dari Zakat Fitrah 1%, Zakat Maal Badan 3%, Infaq/Sedekah 9% dan Zakat Maal Perorangan sebesar 87%.

Adapun persentase penyaluran ZIS per bidang yakni sebagai berikut: Bidang pendidikan dengan persentase 2.91% dengan jumlah penerima manfaat 374 orang, Kesehatan 16.88% dengan jumlah penerima manfaat 2.169 orang.

Bidang kemanusiaan menjadi penerima manfaat tertinggi yakni sebesar 73.02% dengan jumlah penerima manfaat 9.385 orang. Sisanya yaitu Bidang Ekonomi 3.59% dengan jumlah penerima manfaat 461 orang dan Bidang Da'wah&Advokasi 3.60% dengan jumlah penerima manfaat 463 orang.

"Total keseluruhan penyaluran pada tahun 2021 sebesar Rp.11.250.985.000 Miliar, dengan total keseluruhan penerima manfaat 12.852 orang," urai Hayyi merincikan.

Atas capaian itu, Abdul Hayyi menyampaikan ucapan rasa syukur yang tulus serta terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Lombok Timur, utamanya kepada para Muzaki yang telah mempercayakan kepada Baznas sebagai sarana penyaluran Zakat Infaq dan Sedekahnya.

"Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat kepada Baznas Lombok Timur terus meningkat dan membaik," ucapnya bersyukur.

Karnanya ia meyakini, dengan semakin kuatnya kepercayaan publik kepada Baznas Lotim akan berdampak pada meningkatnya hasil penghimpunan Zakat Infaq dan Sedekah dari tahun ke tahun. 

Dengan begitu, sambung dia lagi, tentunya akan berdampak kepada meningkatnya kontribusi Baznas yang lebih besar dalam membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, bagi kaum du'afa.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Hayyi juga tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Lombok Timur utamanya kepada Bupati, atas kepercayaan dan dukungan yang optimal kepada Baznas selama ini.

"Atas dukungan optimal dari beliaulah, sehingga trend pengumpulan zakat di Kabupaten Lombok Timur terus meningkat dari tahun ke tahun," demikian kata Hayyi memungkasi.
(BM)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler