Breaking News
Live
wb_sunny

Selain Memiliki Produk Andalan dan Unggulan, MAREPUDIN: Vanili Sebagai Produk Terobosan

Selain Memiliki Produk Andalan dan Unggulan, MAREPUDIN: Vanili Sebagai Produk Terobosan

LOTIM BumiGoraMedia.com - Selain Tembakau yang merupakan produk andalan Dinas perkebunan, ada juga empat (4) produk unggulan yang tak kalah penting yakni Kelapa, kopi, kakao, tulang jambu mente, dan Vanili sebagai Produk Terobosan.
FOTI: Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, Marepudin.


Di lain sisi, Marepudin selaku Kepala bidang perkebunan pada Dinas pertanian Kabupaten Lombok Timur mengatakan, ada salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi jika di bandingkan dengan komoditas perkebunan lainnya yakni Vanili (Vanila planifolia).

"Vanili (Vanilla planifolia) merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, jika dibandingkan dengan komoditas perkebunan lainnya. Penggunaan vanili telah meluas keberbagai aspek pasar, sehingga didalamnya melibatkan berbagai jenis aspek-aspek pemasaran," ujar Mahrep Saat di temui di ruang kerjanya pada Rabu, (14/04/2021).

Ditegaskan lagi, Vanili adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Nilai tambah terbesar dalam agroindustri vanili adalah pengolahan dan pengeringan sampai menjadi buah vanili kering. Dalam kehidupan sehari-hari, aroma vanilin digunakan untuk pewangi makanan dan minuman, farmasi, kosmetika dan parfum. Industri makanan dan minuman, umumnya menggunakan ekstrak vanilin. Industri farmasi menggunakannya dalam bentuk tincture sementara untuk parfum berupa tincture dan absolute.

"Vanili juga merupakan salah satu produk terobosan kami, yang mana wilayah produksinya di beberapa tempat seperti Sembalun, Peringga sela, dan beberapa titik di Tete batu," ujarnya.

Menurutnya, pihaknya terus mengupayakan agar masyarakat tetap ada minat untuk menanam Vanili karna yang sangat di butuhkan masyarakat luas. Selain sangat dibutuhkan Vanili juga memiliki daya jual yang sangat tinggi sehingga bisa menopang prekonomian para pekebun.

"Kami akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan trobosan terkait tanaman Vanili tersebut, baik trobosan ke pemerintah Provinsi maupun pemerintah Pusat untuk mendapatkan bibit Vanili yang baik,"imbuhnya.

Masyarakat yang biasa menanam Vanili, kita harapkan untuk tetap berusaha dengan hasil tanaman yang baik karna tidak jarang jugak Vanili Lotim di Ekspor ke Amerika.

"Saya berharap kepada pekebun Vanili agar tetap menghasilkan tanaman yang baik dan memuaskan, dan kita tidak jarang melakukan Ekspor ke Amerika juga," tutupnya.(BM)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler