Breaking News

Menteri BUMN Erick Thohir di Anggap Gagal, Sengketa Lahan KEK Mandalika Tumpul Solusi

M. Tahir Royaldi, Ketua Forum Peduli Daerah Nusa Tenggara Barat. FOTO : Istimewa.

LOMBOK.Bumigoramedia.com - Kepemimpinan seorang Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diragukan oleh beberpa Tokoh Masyarakat NTB atas gagalnya memberikan solusi bagi sengketa lahan pada Lingkar KEK Mandalika. Menteri BUMN Tumpul Solusi.

Bukan tanpa alasan, keraguan itu muncul dan tercermin dari sikap pengambilan keputusan dan ketegasan seorang Erick Thohir dalam menyelesaikan beberapa persoalan yang dianggap sederhana namun malah dibuat seakan tidak ada solusi.

Salah satu contoh persoalan sederhana yang sampai sekarang masih menjadi pertanyaan adalah sengketa lahan di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kementrian BUMN yang menjadi leading sektor permasalahan sengketa lahan tersebut nyatanya belum bisa memberikan solusi terbaik bagi KEK Mandalika yang diketahui sebagai wajah NTB khusunya Pulau Lombok.

Seperti diketahui, beberapa lahan milik warga di area KEK Mandalika seluas 1.035,67 hektare itu, tak kunjung mendapat kejelasan pembayaran dari PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sampai dengan sekarang.

Ketua Forum Peduli Daerah NTB (FPD NTB) memandang fenomena itu sebagai salah satu kegagalan yang cukup memalukan bagi sekelas Mentri, terlebih Erick Thohir digadang-gadang akan menjadi Calon Presiden pada 2024 mendatang.

"Erick Thohir belum layak jadi calon Presiden karena tak mampu menyelesaikan persoalan tanah masyarakat yang tak kunjung di bayar. Betul, sebagian mampu mengatasi Sengkarut Pembayaran Tanah Mandalika yang di percayakan Pengelolaannya pada ITDC, meski keberhasilan itu ada, namun tidak terlepas dari peran seorang Gubernur yang tegas dan punya konsistensi dalam penyelesaian sengketa itu," Ujar Bung Tahir Royaldi.  Kamis, (28/01/2023).

Oleh sebab itu, lanjut Peria yang cukup humble itu, perlunya kemampuan Menteri Erick di uji kembali hingga persoalan yang ada di KEK Mandalika tuntas dan tidak menjadi perbincangan Public.

"Kemampuan seorang Erik Tohir diuji di sini, jangan sampai duluan keluar Perpres baru sengketa itu bisa terselesaikan, karena akan sangat diragukan kemampuannya," ucap Bung Tahir.

"Namun sebaliknya jika Erik Tohir mampu menyelesaikan sengketa itu dengan baik dan rapi, maka dia akan menjadi kebanggaan dan mendapat acungan jempol dari masyarakat yang terdampak," Tandasnya. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia