Breaking News

Ketimpangan Penggunaan Anggaran, Masyarakat Datangi Desa Sukadana

LOTIM BumiGoraMedia.com - Masyarakat perwakilan semua Dusun yang ada di Desa Sukadana, kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur mendatangi kantor desa, kamis (29/04/2021) guna mempertanyakan kejelasan terkait realisasi anggaran dana yang banyak sekali ketimpangan dalam sistem penggunaannya.
Situasi Masyarakat Saat Mempertanyakan Soal Transparansi penggunaan Dana Desa.

Didepan Masyarakat dan Semua pihak Pemdes, Lalu Meri Andalas, Koordinator aksi menuntut pihak desa sukadana memberikan kejelasan data anggaran serta mempertanyakan ketimpangan - ketimpangan yang terjadi di desa sukada. Menurutnya, banyak sekali para staf desa yang tidak faham tugas pokok dan pungsinya ( TUPOKSI).

"Saya tegaskan tidak boleh staf memegang proyek desa, tugasnya hanya mengawasi" ucapnya tegas.

Lalu Meri juga menyampaikan, ada beberapa dana Program yang tidak jelas penggunaannya, dan masyarakat meminta Pemerintah desa sukadana mempertanggung jawabkan hal tersebut, yakni dengan memberikan laporan data otentik.

Data otentik yang dimaksud berupa laporan realisasi anggaran. sehingga dirinya dan masyarakat  bisa melakukan singkronisasi data dengan apa yang tertuang dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) seperti dana Kesehatan, dana Covid -19 dan banyak lagi dana - dana lainnya.

Menanggapi hal tersebut kepala desa sukadana, Lalu Diraksa, menyampaikan bahwa, pihaknya sudah mengelola anggaran sesuai dengan Aturan dan Uundang-undang yang berlaku.

Menurutnya, apa yang dituduhkan oleh masyarakat karna mereka belum memahami tentang hal tersebut.bahkan dirinya mempersilahkan masyarakat melaporkan ke pihak yang berwajib  jika ada yang melanggar dan tidak sesui dengan peruntukannya.

"Silahkan laporkan saya ke inspektorat, kalau ada penyimpangan yang saya lakukan" ucapnya dengan nada menantang.

Sementara itu sekretaris desa Sukada, Lalu Beri mengatakan bahwa, pihaknya siap memberikan data laporan sesuai permintaan masyarakat, baik dana yang bersumber dari Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) atupun APBDES. karna dirinya yang memegang tanggung jawan dalam Administrasi desa.

"Insyaallah semua data sudah kami pegang dan lengkap" tutupnya menandaskan. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia