Breaking News

Ini Amanat KBPIP RI yang Disampaikam Pj Bupati Lombok Timur Saat Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pj Bupati Lombok Timur H.M. Nuaini Taofik bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari kelahiran Pancasila
LOMBOKTIMUR Bumigoramedia.com - Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Lombok Timur digelar Sabtu (1/6/2024) di Halaman Kantor Bupati. Nampak Penjabat Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara yang juga dihadiri oleh ASN, TNI, Polri, Organisasi wanita hingga pelajar itu berlangsung dengan khidmat.

Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Sehubungan dengan itu Penjabat Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik saat membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (KBPIP RI), Yudian Wahyudi mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dikatakan, Sebagai meja statis, Pancasila mempersatukan terbukti kita mampu menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar." ucapnya.

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini."

Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Selain regulasi yang berlandaskan semangat dan jiwa pancasila, diperlukan keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Disebutkan pula bahwa perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selanjutnya, la juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Diyakini dengan semangat Pancasila yang kuat seluruh tantangan yang akan dihadapi dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia telah berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Amanat diakhir dengan mengajak seluruh komponen bangsa agar bersama merawat anugerah Pancasila serta bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila.

"Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkas Pj Bupati Juaini membacakan amanat. (BM/TON)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia