Breaking News

Pj Bupati Lombok Timur Sampaikan Terimakasih yang Mendalam pada 89 Kepala Desa Berakhir

Photo Istimewa : Pj Bupati Lombok Timur, Drs H.M. Juaini Taofik, M.AP
LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com -  Memasuki masa berakhirnya jabatan 89  Kepala desa  di Lombok Timur, pada hari ini tanggal 8 Februari 2024, setelah menjabat untuk periode 2018-2024. Terkait hal tersebut, Penjabat Bupati Lombok Timur telah menerbitkan SK pemberhentian dengan hormat 89 orang kepala desa dimaksud.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Timur, Salmun Rahman menegaskan, penerbitan SK pemberhentian kepala desa yang berakhir masa jabatannya berdasarkan sejumlah regulasi yang berlaku saat ini.

Penerbitan SK pemberhentian kepala desa ini sudah sesuai regulasi yang ada, diantaranya, mengacu pada pasal 40 Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, Pasal 54 PP Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014,  pasal 8 Permendagri Nomor 66 tahun 2017 tentang Pengangkatan Kepala Desa, pasal 64 Perda Nomor 14 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pengangkatan Kepala Desa.

Terhadap desa yang jabatan kepala desanya telah berakhir, lanjut Salmun Rahman, akan diangkat Pejabat Sementara (Pjs) kepala desa sampai dilantiknya kepala desa definitif.

"Pjs tersebut kemudian akan menyelesaikan hak-hak dari mantan kepala desa  yang tertunda pencairannya karena teknis administerasi," terang Salmun.

Terhadapa revisi Undang-undang  tentang Desa, saat ini masih menjadi pembahasan di tingkat pusat dan itu belum dikatakan sebagai regulasi dan belum bisa dijalankan.

"Itu belum dikatakan regulasi, karena masih merupakan point hasil pembahasan untuk revisi UU," jawab Salmun.

Sementara itu, Penjabat Bupati Lombok Timur H.M Juaini Taofik mengatakan, pemberhentian dengan hormat  89 orang kepala desa, karena memang masa jabatannya telah berakhir. Pj. Bupati memberikan apresiasi karena telah melaksanakan tugas dengan gigih membangun desa.

“ Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menyampaikan terimakasih yang mendalam atas kerja keras, pengabdian yang tulus dari 89 kepala desa yang berakhir masa jabatan terhitung tanggal 8 februari 2924," ungkap Juaini.

"Kiprah dan kinerja selama menjabat, gigih dalam membangun desa, melakukan pemberdayaan pembinaan masyarakat, menjalankan pemerintahan dengan baik dan penuh tanggung jawab, tentu akan diteruskan dengan pemimpin selanjutnya,” Sambungnya.

Adapun terkait revisi Undang-undang  tentang Desa, saat ini masih menjadi pembahasan di tingkat pusat. Jika Undang-undang tentang Desa yang baru telah disahkan dan diundangkan, maka Pemerintah Kabupaten Lombok timur juga akan melaksanakannya sesuai dengan aturan yang ada. Kepala Bagian Hukum  Sekretariat Daerah Lombok timur Biawansyah Putra memaparkan, revisi Undang- undang tentang Desa saat ini masih dalam pembahasan di DPR RI.

“ Draft pembahasan revisi Undang- undang  tentang Desa masih dalam pembahasan di tingkat I, belum dibahas di tingat II. Kalau proses revisi undang-undang  tentang Desa sudah selesai berdasarkan yang telah diatur dalam Undang-undang  Nomor 12 tahun 2011, tentu kita juga akan laksanakan,” tutupnya (BM/ton)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia