Breaking News

Car Free Day, Pemdes Suralaga Gandeng Disnaker dan DPRD Bangkitkan UMKM

Momen Car Free Day di Desa Suralaga, Bangkitkan Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Pemerintah Desa Suralaga menggandeng Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Timur (Disnakertans Lotim), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lotim mengadakan Care Free Day (CFD) perdana yang berlokasi depan kantor Desa Suralaga, Kecamatan Suralaga, pada Minggu, (12/02/2023).

Dimana CFD tersebut diniatkan untuk membangkitkan dan meningkatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di kecamatan Suralaga, terlebih di desa Suralaga itu sendiri.

Dimana acara tersebut, Kepala Desa Suralaga, Hamdan mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut terlebih manfaatnya bisa langaung dirasakan oleh para UMKM yang ada di desa setempat.

Melihat kebermanfataan dari kegiatan tersebut, terlebih bagi para pelaku UMKM, ia akan berkomitmen bersama Disnakertans dan DPRD Lotim untuk terus melakukan pembenahan dan juga pembinaan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Jadi kegiatan ini akan terus kita canangkan secara berkala, jika tidak bisa satu kali seminggu, minimal satu kali sebulan, dan nanti kita arahkan agar bisa bekerjasama dengan BUMDes," Lanjutnya

Ditempat yang sama, Kepala Disnakertans Lotim, M Khairi mengatakan kegiatan CFD yang melobatkannpara UMKM tersebut adalah salah satu lanjutan dari Disnakertans, yaitu pembinaan bagi mantan TKI dan para pelaku UMKM.

"Ini merupakan keberlanjutan program yang telah kita lakukan pelatihan, sehingga pada kesempatan ini menjadi momen untuk memperkenalkan pada masyarakat luas apa yang telah hasil melalui pelatihan yang telah diberikan," Jelas mantan Kadis PMD tersebut.

"Lewat kegiatan CFD yang dikemas juga untuk membranding hasil karya para UMKM ini sangat luar biasa, Mudahan Insyaallah kegitan ini terus bisa terlaksana pada tahun berikutnya melalui aplikasi anggota DPRD kita tersebut," pungkasnya.

Ide ini awalnya berangkat dari harapan Ibu-ibu PKK untuk memperkenalkan hasil dari para UMKM yang ada di desa, karena para pelaku UMKM sudah mendapatkan pelatihan dari Disnakertans.

"Di hari ini seperti yang kita lihat, para UMKM kita memamerkan semua potensi yang mereka punya, dari hasil pelatihan dan binaan yang ia dapat dari Disnakertans selama beberapa bulan lalu," Kata H. Huspiani.

"Kita akan pantau perkembangan dari kelompok UMKM yang kita bina ini, jika semakin maju, kita akan dorong terus bila perlu kita tambah lagi permodalan mereka melalui aspirasi pada tahun berikutnya," Lanjutnya.

Acara CFD tersebut juga dibarengi dengan Senam Sehat, Donor Darah, Samsat yang dimulai dari pukul 07:30 sampai 09:00. (BM-pan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia