Breaking News
Live
wb_sunny

Sekda Sebut DIPA 2023 Lotim Menyasar Pada Tiga Sektor

Sekda Sebut DIPA 2023 Lotim Menyasar Pada Tiga Sektor

Sekeretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur (Lotim) tahun 2023 mencapai Rp 2,23 Triliun yang menyasar pada tiga sektor Pembangunan, yaitu Dana Alokasi Khusus, Dana Alokasi Umum, dan Dana Desa.

Dimana ketiga sektor tersebut nantinya akan menyasar pada beberapa titik seperti DAK yang nantinya akan menyasar pada sektor Pendidikan, Kesehatan, Cipta Karya, dan BPKKBN.

"Terkait DAK, tentu sudah pasti sesuai dengan apa yang sudah final di Job Deksnya, dimana tahun ini Bina Marga diganti dengan Cipta Karya, pendidikan, kesehatan dan juga BKKBN," jelas H. M Juaini Taufik saat di konfirmasi di ruang kerjanya pada Jumat, (30/12/2022).

Sebelumnya ia menjelaskan bahwa DIPA itu merupakan dana yang di transfer oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah disertai dengan Pedoman Pelaksanaan Kegiatan dari DIPA itu sendiri.

Untuk DAU tahun 2023 besok lanjutnya, itu yang nantinya akan di bahas bersama DPRD, karena DAU tahun 2023 itu akuinya berbeda dengan tahun 2022 yang nilainya sebesar 325 miliar yang merupakan DAU ERMAK yang langsung di pandu oleh pemerintah pusat.

"Sedangkan untuk DAU tahun ini mencapai 300 miliar lebih, dimana peruntukannya untuk memenuhi dan meningkatkan SPM di bidang Kesehatan dan Pendidikan, sejalan dengan aspirasi para dewan yang hampir dua pertiganya pada sektor pendidikan dan kesehatan," lanjutnya.

Selebihnya juga untuk pembayaran BPJS KIS Masyarakat yang pencapaiannya baru diposisi 88 %, dimana sisanya yang 12 % masih menjadi PR kita. Tutupnya. 

(BM-pan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler