Breaking News

Monev ASDEP Wakil Presiden, DPMPTSP : Siap-Siap Mini Mall Lotim Akan Disulap Menjadi Tempat Pelayanan Publik

Monitoring Asisten Deputi Tata Kelola Pemerintahan Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia di DPMPTSP, Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Sesuai mandat perpres 89 tahun 2021 tentang MPP (Mall Pelayanan Publik) merupakan sarana pelayanan yang memang dibutuhkan masyarakat. Peningkatan pelayanan kualitas publik ini juga tentu diharapkan menjadi bukti nyata dirasakan masyarakat sebagai capaian reformasi birokrasi sebagai mna masyarakat selalu menginginkan pelayanan yang mudah, cepat, tidak berbelit, dan murah.

Hal ini di sampaikan oleh Asisten Deputi Tata Kelola Pemerintahan Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia, sat melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lombok timur, Rabu (09/11/2022).

Selamet Widodo, selaku Tim Monitoring tersebut lebih jauh memaparkan, Mall Pelayanan Publik juga adalah sebagai pusat integrasi layanan dari berbagai jenis layanan yang dilakukan oleh semua OPD atau pemerintah dan instansi vertikal lainnya di suatu Daerah tersebut.

"Di Nusa Tenggara Barat ini belum ada Mall Publik. Ini menjadi konsen kami, konsen bapak presiden dan Wakil Presiden kedepannya. Mudah - mudahan NTB ini tidak ketinggalan kelas," ucap Asisten Deputi (ASDEP) Tata Kelola Pemerintahan Sekertaris Wakil Presiden Republik Indonesia.

Lombok timur sendiri diberikan apresiasi oleh Asdep, karena adanya pencapaian dan rencana kesiapan untuk Mall Pelayanan Publik tersebut. Meski dengan tidak dengan pasilitas yang bagus namun yang penting di kedepankan adalah pelayanan yang baik terhadap masyarakat.

"Intinya Kolaborasi dan Komitmen yang harus di bangun, tidak harus dengan gedung yang megah, fasilitasnya mewah. Yang terpenting itu integritas pelayanannya yang berdampak untuk kesejahteraan masyarakat," tambah Selamet Widodo.

Semintara itu, Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Lombok Timur, Dewanto Hadi, mengungkapkan bahwa terkait MPP tersebut merupakan misi Nasional yang harus di terjemahkan oleh pemerintah Provinsi ataupun kabupaten kota, termasuk Lotim sampai saat ini dengan segala keterbatasan yang ada akan menginisiasi hal itu.

"Keberpihakan Pemerintah Pusat terkait pembentukan MPP ini harus dilakukan. Oleh karena itu Lotim pasti akan menginisiasi hal itu. Knapa kita tidak maksimalkan Mall Mini yang ada di Lotim ini," tegasnya.

Salah satu opsi pisik Mall pelayanan Publik lanjut Dewanto, Lotim sudah memiliki persiapan, yakni Mini Mall yang ada di belakang Bank BRI Selong. Mini Mall yang ada ini harus dimaksimalkan penting disulap supaya masyarakat banyak berdatangan.

"Pelayanan yang akan diterapkan antaranya lain adalah terkait pelayanan publik berupa tempat pelayanan pembuatan Pasport, BPJS, dan administrasi pelayanan kependudukan yang di kelola Dukcapil. Bertahap lah, Yang paling penting sekarang adalah kita mulai kesiapan infrastrukturnya dan komitmen kita sebagai pemerintah kabupaten," tandasnya. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia