Breaking News

Kades BPS : Terapkan Hidup Sehat dengan Lingkungan Bersih

FOTO : Kepala Desa Bagik Payung Selatan, Bersama Perangkat dan Babinsa, saat Bergotong Royong Membersihkan Sampah.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Hidup sehat merupakan sebuah kebiasaan yang seharusnya ditanamkan sejak dini. Perilaku ini tentunya menjadi kewajiban yang tidak hanya berdampak positif bagi diri sendiri, tapi juga bagi keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

Seperti yang di ungkapkan Kepala Desa Bagik Payung Selatan (BPS), Abdul Manan, bahwasanya menerapkan hidup sehat bisa dimulai dari diri sendiri, salah satunya dengan senantiasa menjaga lingkungan agar tetap bersih.

"Kita pentingnya menjaga hidup sehat dengan menjaga lingkungan. Dan itu bisa dimulai dari diri sendiri," ujarnya saat bergotongroyong bersama Kaur-kaur nya dan jajaran perangkat Desa di depan Kantor Desa setempat, Jumat, (07/10/2022).

Lanjut Kades Muda itu, berangkat dari kesadaran hal tersebut, tentu kita bisa menyadari bahwa kenyamanan tempat tinggal bisa diperoleh dengan memelihara kebersihan, jadi sangat perlu bagi semua orang untuk mempertahankannya agar tetap bersih.

Budaya menerapkan hidup sehat sejak dini membuat banyak orang menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Pasalnya, kesadaran untuk hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri seperti rutin berolahraga, memenuhi asupan nutrisi, hingga istirahat yang cukup akan menular kepada kebiasaan kita saat berinteraksi dengan lingkungan.

"Mari kita budayakan hidup sehat dengan menjaga lingkungan, menjaga kebersihan, mengedepankan sifat gotong royong, dan atau kebersamaan.

Dengan demikian, kebiasaan untuk hidup sehat membuat kita jadi sadar betul betapa genangan air atau sampah yang menumpuk tidak hanya buruk bagi lingkungan tapi juga bisa menjadi sumber penyakit yang dapat merugikan diri sendiri. Tidak mengherankan jika memang ada korelasi yang kuat antara lingkungan sehat dan kesehatan, itu merupakan dampak alamiah dari interaksi yang terjadi," jelasnya.

Ditegaskan kembali, selain mampu menjauhkan dari penyakit fisik, lingkungan yang sehat juga berpengaruh terhadap kesehatan mental dan lingkungan sehat juga lebih nyaman untuk ditinggali.

"Lingkungan yang nyaman ditinggali berdampak langsung terhadap kebahagiaan sehingga memperbaiki kualitas kesehatan mental bagi kita semua. Bisa dibuktikan semua itu," tukas Kades Abdul Manan sembari mengumpulkan Sampah yang di barengi oleh Babinsa Desa, Lalu Nasrudin.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini rutin dilakukan seminggu sekali, dimna di setiap hari Jumat pagi Kepala Desa BPS bersama seluruh jajarannya eksis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan dalam kehidupan masyarakat.

"Alhamdulillah, kegiatan bersih-bersih ini rutin kita lakukan di Desa, hal ini untuk mengantisipasi penyakit. Jika kita sudah melakukan hal demikian maka insya Allah penyakit akan jauh. Terlebih lagi cuaca saat-saat ini tidak menentu kadang tiba-tiba hujan hingga banyak selokan yang sumbat hingga banjir. Saya mengimbau masyarakat agar tetap menjaga lingkungan, menjaga kebersihan supaya terhindar dari segala yang mengganggu kesehatan," tutupnya. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia