Breaking News

Elektabilitas PERINDO Kian Naik, POLSTAT : Ini Hasil yang Menarik

                       FOTO : Istimewa.

JAKARTA.Bumigoramedia.com - Perhelatan Politik 2024 memang masih jauh, Namun melihat dari aktivitas-aktivitas beberapa partai politik yang beberapa bulan terakhir sudah mulai melakukan safari politik, kunjungan antar partai dan bahkan  mengambil ancang-ancang serta langkah strategis, yang tentunya untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada perhelatan 2024 nanti.

Menanggapi hal itu, Political Statistics (POLSTAT) sebagai salah satu lembaga survey telah melakukan survey elektabilitas,
Namun ada menarik dengan hasil survey tersebut, adalah Partai Persatuan Indonesia (PERINDO) menduduki peringkat 10 dengan elektabilitas 3,7 persen, Angka itu mengungguli partai-partai Parlemen seperti PAN yang hanya mendapatkan angka 2,3 persen dan PPP 1,7 persen

"Hasil yang sangat menarik, PERINDO mampu duduk di 10 Besar dengan elektabilitas 3,7 persen" Ungkap Peneliti Senior POLSTAT Zaki Darmawan Sharazani saat memaparkan hasil survey secara daring, Jum'at (16/09/22)

Dalam survey itu terdapat juga kesamaan angka elektabilitas, yakni Partai NASDEM mendapatkan angka elektabilitas yang sama dengan Partai PERINDO.

Adapun peringkat pertama diduduki oleh PDI Perjuangan dengan persentase sebesar 22,6 persen, diikuti Partai Gerindra yakni 16,8 persen, lalu Partai Golkar 10,5 persen.

“Sebanyak 22,6 persen responden mengaku akan memilih PDI Perjuangan, kemudian 16,8 persen mengaku akan memilih Partai Gerindra, disusul Partai Golkar 10,5 persen, dan Partai Demokrat 10.1 persen,” ucap Zaki.

Sebagai informasi, Survei POLSTAT dilakukan pada tanggal 1 hingga 10 September 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia dengan menyasar seluruh Warga Negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP. Jumlah sampel sebesar 1200 responden, dan diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error kurang lebih 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Lalu pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen tinggal di pedesaan dan 40 persen di perkotaan. (*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia