Breaking News

BAZNAS Lotim Serahkan ZIS Gaji 13 ASN Kepada Gharimin


Serah terima Zakat, Infaq, dan Sadaqah Secara Simbolis.


LOTIM BumiGoraMedia.com - Baznas Lombok Timur menyerahkan zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) yang berasal dari gaji ke-13 ASN Lombok Timur kepada sejumlah ASN yang termasuk golongan gharimin atau yang memiliki beban hutang untuk memenuhi kebutuhan pribadi yang tidak dapat dihindarkan. Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati Lombok Timur kepada tiga orang ASN lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin, (19/07/2021).


Bupati Sukiman Azmy pada acara yang berlangsung di pendopo Bupati tersebut menyampaikan nilai yang diterima kecil dan tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan. Hal tersebut karena zis yang terkumpul akan didistirbusikan kepada seluruh ASN yang termasuk golongan gharimin di daerah ini. Khusus di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saja jumlahnya mencapai 200 orang, dengan total zis yang akan diserahkan Rp.500 juta. Selain lingkup Dinas Pendidikan zis ini juga akan disalurkan kepada ASN yang ada di OPD lainnya, termasuk Dinas Kesehatan dengan nilai Rp. 500 juta.


Bupati berharap jumlah tersebut dapat sedikit membantu meringankan beban di tengah kondisi pandemi saat ini. Disadari kondisi pandemi ini berdampak luas terhadap masyarakat. Karena itu pula Pemda akan menyalurkan 150 ton beras bagi masyarakat, serta 30 ton bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Panti Asuhan.


Bupati juga mengingatkan agar pada pelaksanaan Idul Adha masyarakat dapat tetap menegakkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19, termasuk pada proses pemotongan dan pembagian hewan kurban. Bupati menekankan prokes harus tetap dijalankan meskipun saat ini Lombok Timur menjadi satu-satunya daerah di NTB yang masuk zona kuning sementara lainnya berada di zona oranye dan merah.


Menutup sambutannya di hadapan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BKPSDM, serta 50 orang penerima yang hadir pada kesempatan itu, Bupati berharap upaya ini mendatangkan hikmah, ”semoga ada hikmahnya dan menolong kita keluar dari pandemi,” pungkasnya.


Sebelumnya Ketua Baznas Lombok Timur Ismmul Basar menyampaikan progress pengembangan zis di Kabupaten Lombok Timur. Berbagai inovasi terus dilakukan di antaranya melalui keberadaan petugas di tiap-tiap kecamatan, keberadaan sentra pengembangan ekonomi ummat di Terara, serta mengoptimalkan fungsi masjid sebagai sentra pengembangan ekonomi ummat. Penyerahan zis ini juga menjadi bagian dari pengembangan kegiatan Baznas yaitu dengan mendistribusikan kembali zis kepada ASN yag berasal dari ASN. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia