Breaking News
Live
wb_sunny

Selain BPNT Menjadi IDOLA, Dinsos Lotim Memiliki 4 Bidang Prioritas

Selain BPNT Menjadi IDOLA, Dinsos Lotim Memiliki 4 Bidang Prioritas

LOTIM BumiGoraMedia.com - Seperti kita ketahui saat ini, BPNT Seolah -  olah program kegiatan yang sangat di Idolakan Dinas sosial dan seakan akan fokus pada program kegiatan Bantuan Pangan Non Tunai itu. Namun pada prinsipnya Dinas tersebut sedikit tidaknya mempunyai 4 Bidang : yakni 
1. Bidang  Perlindungan dan Jaminan Sosial., menangani Korban Bencana Alam dan korban  Bencana Sosial, serta Jaminan Sosial.
2. Bid. Rehabilitasi sosial, menangani Rehabilitasi Soaial Anak dan Lansia, penyandang Desabilitas dan Tuna sosial dan Korban Perdagangan orang.
3. Bid. Pemberdayaan  Sosial. Menangani: pemberdayayaan sosial Kelembagaan  Masyarakat ( LKS dll )
4. Bidang Penanganan Fakir. Miskin. Menangani identifikasi, pengelolaan dan penyaluran Bantuan ( BPNT).
Foto: Sekertaris Dinas Sosial LOTIM, Ahyan, S.KM.

Hal ini di ungkapkan oleh Sekertaris Dinas Sosial (SEKDIS) Kabupaten Lombok Timur Ahyan, saat di temuai di ruang kerjanya pada Selasa, (09/03/2021). "Saat ini memang yang sangat menonjol di permukaan hanya program BPNT, dan itu itu saja jadi pembahasan," ujarnya.
Ahyan yang baru menduduki kursi jabatannya selaku sekdis pada dinsos tersebut menjelaskan, upaya pihaknya kedepan untuk mengedepankan program prioritas tersebut di masyarakat melalui Lembaga - Lembaga Sosial yang ada di desa.


"Tentu dengan persoalan ini kedepannya kita akan berusaha berupaya untuk maksimal, dan ini memang program dinas Sosial yang tak terkecuali kita laksanakan. Dan yang sangat penting adalah sinergitas kita dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial yang ada di Desa - Desa dan kecamatan, paparnya.


Ia mengakui masih kurangnya LKS sebagai mitra kerja di Lotim yang husus terlibat dalam kegiatan sosial atau membantu masyarakat dalam upaya memberikan edukasi, sosialisasi terkait banyaknya persoalan yang dialami masyarakat seperti penanganan terhadap orang Jompo, Tuna Netra, cacat dan Anak terlantar dan sebagainya.


"Ya... masih banyak Desa ataupun Kecamatan yang belum mempunyai LKS, makanya kami buka peluang untuk pembentukan lembaga tersebut. Dan kami akan bantu proses izinnya melalui kepala bidang yang ada," tegasnya.


Menurutnya, LKS sangat penting peranannya dalam kehidupan bermasyarakat, untuk itu lanjut dia, pihaknya sangat meyakini bahwa program tersebut bisa berjalan dengan baik jika dibarengi dengan sinergitas yang kuat. "Peran aktif LKS di masyarakat sudah kami ketahui, contoh LKS yang ada di Desa Sukadana.Kecamatan Terara,  Ia mampu menangani beberapa desa sekitarnya dalam penanganan penyandang cacat, dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial  ( PMKS ). Dengan adanya LKS juga, informasi - informasi mudah kita dapatkan," imbuhnya.


Sebagai harapan selaku Sekdis Sosial Lotim, Ahyan mengimbau kepada semua Lembaga yg bergerak dlm Bidang Sosial Kemasyarakatan yang ada agar tetap berupaya maksimal dalam memberikan edukasi, sosialisasi terhadap masyarakat yang sudah dibina, baik itu penyandang cacat, Jompo, dan trutama kepada pecandu Narkoba, LKS agar tetap eksis memberikan Sosialisasi terkait bahaya mengkonsumsi hal tersebut.(BM)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler