Breaking News

Jelang Pelantikan PJ, Stafsus Bupati Beri Masukan : Jaga Stabilitas Birokrasi

Nampak Stafsus Bupati Gagah dan Muda-Muda. Bang Ojik Kiri dan Azhar Sidik Kanan.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Rabu, (06/09/2023. Menjelang dilantiknya Penjabat (PJ) Bupati Daerah Kabupaten Lombok Timur, Staf khusus (STAFSUS) Bupati memberikan masukan untuk menjaga stabilitas birokrasi pemerintahan, perbaikan tatanan birokrasi yang dipandangnya menjadi prioritas, hal itu di ungkapkan karena dirinya mempunyai beberapa catatan khusus.

Meski demikian menurutnya masih ada kesempatan untuk memperbaiki dan memulihkan kembali dengan melakukan langkah konsolidasi birokrasi. Langkah konsolidasi birokrasi ini menurutnya sangat penting dilakukan terhadap semua OPD untuk memantapkan tatanan birokrasi yang lebih unggul dan handal. Demikian pula apa yang menjadi harapan dan Visi Misi pemerintahan sebelumnya serta upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dapat tercapai dengan maksimal.

Pemerintah selanjutnya diharapkan perlu melakukan rasionalisasi pejabat yang sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan, upaya ini diperlukan untuk optimalisasi fungsi dan tugas semua OPD lingkup Pemda Lotim.

"Ia, saya katakan tatanan birokrasi perlu disempurnakan dengan melakukan konsilidasi terhadap semua OPD sehingga tidak menimbulkan nilai atau dampak Pemerintahan yang buruk terhadap masyarakat. Memberikan kesempatan terhadap kepala OPD bekerja dengan baik hingga sukses dalam bidang mereka masing-masing. Makanya jika PJ nanti sudah mulai bekerja, kita dorong  agar tatanan birokrasi ini lebih dahulu di servis lebih baik lagi," ujar peria yang Karib di sapa Bang Ojik itu.

Ditegaskan pula, mengembalikan fungsi fungsi OPD yang sesuai dengan bidang mereka masing masing adalah salah satu prioritas pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk memulihkan prekonomian yang saat ini terlihat sangat memperihatinkan. Hingga dengan pola tersebut dilakukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan lebih membaik dan kongkrit.

"Saya kira akan lebih membaik PAD kita jika birokrasi ini di manfaatkan lebih baik, salah satunya tadi menempatkan pejabat atau kepala dinas yang sesuai ahli atau bidangnya. Makanya perlu konsilidasi. Mengatur birokrasi ini secara baik lah," katanya.

Diharapkan kedepan, PJ kedepan harus memaksimalkan kinerjanya untuk mencapai PAD yang hari ini tertinggal jauh dari sebelumnya. Dan keberpihakan PJ terhadap pemuda juga harus di kedepankan terutama dalam bidang pemberdayaan ekonomi.

"PJ harus harus memaksimalkan target dan data pembangunan, Siapapun dia PJ yang akan datang ini harus bekerja keras. Misalnya dari sektor pasar dan retribusi dan lain sebagainya. Perjuangan yg belum di clear-kan hari ini satu tahun setengah kedepan harus di tuntaskan. Memberikan faedah yang lebih luas melalui prekonomian. Harus support kedepannya, baik itu dari sektor pertanian yang di geluti pemuda misalnya. Kita harus sibuk dengan kemajuan prekonomian kita di Lotim ini. Memberikan peluang ekspresi terhadap lembaga lembaga yang ada di DaeRah ini. Dan itu harus dilaksanakan secara manajerial," demikian Bang Ojik, Stafsus Bupati bidang Sosial Politik itu.

Senada dengan itu, Stafsus bidang Bidang Kebudayaan dan Pendidikan yakni M. Azhar Shiddik, menyampaikan bahwa penting bagi pemerintah melakukan rasionalisasi terutama dalam dunia pendidikan. Penempatan guru honorer harus di tempatkan sesuai kebutuhan sekolah masing-masing.

Penempatan guru honorer di lingkup Dikbud Lotim dinilai perlu dilakukan dengan mengacu pada data pokok pendidikan yang sudah ada, untuk membantu Pemerintah mewujudkan IPM yang lebih baik sesuai dengan visi misi Pemerintah Daerah, imbuhnya. (Rahman)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia