Breaking News
Live
wb_sunny

Persiapkan Lotim Menjadi Pusat Seni Budaya, Dewan Kesenian Lotim Gandeng STAJA

Persiapkan Lotim Menjadi Pusat Seni Budaya, Dewan Kesenian Lotim Gandeng STAJA

   Sharing Season Pengurus Inti Sanggar     Taman Jiwa dengan Dewan Kesenian  Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Mempersiapkan Daerah Lombok Timur Sebagai Pusat Seni Budaya, sudah barang tentu dengan berbagai upaya. Seperti halnya Pengurus inti Sanggar Taman Jiwa (STAJA) Lombok Timur (Lotim) gandeng Dewan Kesenian Lotim adakan Sharing Season yang berlokasi di Astaja pada Minggu, (04/12/2022).

Pada acara Sharing Season tersebut, Angga Sarimah mengatakan, kehadiran dari Ketua Umum Dewan Kesenian ke tempatnya adalah salah satu bentuk dukungannya atas adanya Dewan Kesenian di Lotim.

"Hadirnya ketum Dewan Kesenian ini salah satu cara kami berterima kasih dan mendukung atas dibentuknya Dewan Kesenian di lotim, dan ini momen tepat untuk mempersiapkan Daerah kita yang kita cintai ini sebagai tempat pusat seni budaya," jelas Ketua Sanggar Taman Jiwa itu.

Salah satu alasan dewan kesenian di hadirkan di bumi patuh karya ini lanjut Angga, sebagai wadah bagi para seniman untuk mengembangkan karya-karyanya.

"Dewan Kesenian adalah salah satu tempat bagi para sanggar seni yang ada di daerah agar bisa lebih di perhatikan dan mendapatkan dukungan dari pemerintah Daerah," pinta Angga Sarimah.

Lebih lanjut Angga Sarimah memaparkan, pentingnya keberadaan Dewan Kesenian (DK) Lotim adalah sebagai wadah besar dan perpanjangan tangan dari semua kegiatan seni yang di gagas oleh komunitas atau sanggar Seni khusus di Lombok timur untuk mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah dan pihak lainnya dalam setiap mengadakan kegiatan Seni.

Sedangkan Aswan Kailani, ketua umum Dewan Kesenian Lotim pada diskusi tersebut menyampaikan apresiasinya bagi para seniman Daerah yang sampai sekarang masih mau berkreasi di tengah perkembangan zaman ini.

"Kami berharap bagi semua pegiat seni di bumi patuh karya ini terus menunjukkan karya-karya terbaiknya dan yang terpenting adalah menjaga solidaritas atas sesama pegiat seni," pesan Aswan.

"Dibentuknya Dewan Kesenian adalah salah satu cara pemerintah Daerah untuk menjadikan lotim sebagai pusan Seni Budaya, dimana itu semua akan menjadi nilai jual yang baik untuk kemajuan lotim," jelasnya.

Selain itu kata Dosen Jurusan Sendratasik itu, Seni tentu akan berdampak dalam kemajuan Pariwisata. Dengan demikian konsep-konsep pengembangan Pariwisata sangat penting untuk di bincangkan bersama penggiat-penggiat seni lainnya.

"Ini perlu di lakukan. Kolaborasi antar Penggiat seni lainnya yang ada di Daerah kita memang menjadi tujuan dan prioritas dalam memajukan Kesenian dan Pariwisata. Memajukan pariwisata itu penting adanya pertunjukan, itu dalam konsep pengembangannya, dimna menampilkan pertunjukan antraksi kesenian," tambahnya.

Tak hanya itu, menurut Aswan Kailani, memajukan atau mendongkrak pariwisata bukan saja dengan melulu kesenian, melakukan Workshop, bedah karya, pementasan, dan pelatihan yang melibatkan Akademisi seni jugak penting dilakukan.

"Upaya pengembangan kesenian bagi komunitas, sanggar, dan pegiat seni diantaranya mengadakan workshop, bedah karya, pementasan, dan juga penelitian yang nanti akan melibat akademisi seni," demikian Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Lombok Timur itu pada media ini. (BM)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler