Breaking News

Kegiatan Amaliah Ramadhan SMKN 1 Pringgabaya

FOTO : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Peringga Baya, Kecamatan Pringga Baya Kabupaten Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR, Bumigoramedia.com  - Berbagai kegiatan Amaliah dilakukan masyarakat dalam menjalani kegiatan ibadah Ramadhan 1443 Hijriah. Mulai dari menjalankan ibadah, pengajian,  hingga berupa kegiatan sosial dilakukan oleh organisasi, birokrasi hingga lembaga pendidikan.

Seperti halnya yang di lakukan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri SMKN 1 Pringgabaya, dalam menjalani kegiatan kesehariannya pada bulan suci Ramadhan.

Secara kompak, guru beserta murid mengadakan berbagai kegiatan, seperti kultum, tadarrus, bagi takjil, hingga penyaluran zakat fitrah ke anak yatim.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan amalan sunnah selama ramadhan," ujar Ruslan, selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Pringgabaya pada Rabu, (20/04/2022), di Ruang kerjanya.

Melalui Media ini ia menerangkan bahwa sebanyak 400 siswa dan siswi setiap harinya dimulai dengan kultum, dilanjutkan dengan kegiatan tadarrus oleh masing-masing tiga dari kelas yang ada. Hal tersebut dilakukan selama bulan Ramadhan sampai menjelang Libur Idul Fitri.

Dijelaskan juga, Pembagian takjil dilakukan oleh siaswa dan siswi dari uang kas yang mereka peroleh.
"Mereka kompak melakukan kegiatan pembagian takjil di sekitar wilayah  SMKN 1 Pringgabaya, hingga ada yang sampai ke tempat tempat keramaian di sekitar Kecamatan Pringgabaya," bebernya.

Selain itu lanjut Kepsek Ruslan, sekolah juga aktif dalam menyalurkan zakat fitrah untuk anak yatim di kecamatan Pringgabaya dan Labuhan Lombok.

"Kita juga bersama guru dan siswa menyalurkan zakat fitrah berupa beras dan uang tunai," ungkapnya.

"Para guru akan di mintai sejumlah uang bentuk keikhlasannya untuk menyalurkan zakat, sedang siswa akan dimintai beras sebanyak 2,5 Kg per siswa," lanjutnya.

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan siswa.
Dengan harapn setelah menikmati libur lebaran apa yang didapatkan dalam kegiatan tersebut bisa diterapkan selama mereka di rumah menikmati liburan. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia