Breaking News

Common Center, SEKDA Berharap Semua Pasilitas Dapat Dirawat dan Dimanfaatkan Secara Optimal

Peluncuran Smart City Kabupaten Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR, Bumigoramedia.com -Pusat kendali (command center) guna mendukung terwujudnya Lombok Timur sebagai kota pintar (smart city) diluncurkan Kamis (24/2/2022). Peluncuran oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur itu dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi NTB, jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD, termasuk Camat lingkup Kabupaten Lombok Timur, juga instansi vertikal.

Sekda H.M. Juainai Taofik dalam sambutannya, selain menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat mewujudkan pusat kendali tersebut, juga berharap fasilitas ini dapat dirawat dan dimanfaatkan secara optimal, serta terus meningkatkan daya gunanya. Untuk itu Pemda akan terus meningkatkan daya dukungnya dengan prinsip efisiensi, mengingat kondisi keuangan daerah saat ini.

Kerja sama tim, menurut Sekda, juga merupakan salah satu faktor internal yang harus mendapat perhatian agar terus dipelihara dan ditingkatkan. Kerja sama tim ini, terangnya, tidak melulu dalam lingkup Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, melainkan juga melibatkan seluruh OPD. Hal tersebut menyangkut data dan respon sebagai komponen isi. Diharapkannya dengan keterlibatan seluruh OPD merespon dan menyediakan data akurat masyarakat dapat memberikan umpan balik berupa keterlibatan yang lebih besar dalam pembangunan.

Merangkum pesannya, Sekda mengajak seluruh pihak untuk maju bersama dan lebih produktif memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia dengan membangun kolaborasi dan kerja sama tim yang baik.

Tidak berbeda dengan Sekda, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi NTB  Muhammad Husni yang hadir mewakili Gubernur NTB menyampaikan pentingnya respon OPD terhadap interaksi dengan masyarakat melalui fasilitas yang telah tersedia ini. Keberadaan pusat kendali ini diapresiasi sebagai wujud kesungguhan Pemda Lombok Timur memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karena itu diharapkan seluruh OPD memiliki komitmen dan pemahaman yang sama.

Pusat kendali yang terletak di lantai 4 Gedung Kantor Bupati Lombok Timur tersebut secara bertahap diharapkan akan mendorong terwujudnya kota pintar melalui berbagai dimensi seperti pencitraan daerah kota yang cerdas (smart branding), kehidupan cerdas (smart living),  tata kelola ekosistem masyarakat yang humanis dan dinamis (smart society), dan tata kelola lingkungan (smart environtment). Dimensi terakhir dapat dilihat dari penggunaan energi baru dan terbarukan yaitu memanfaatkan energi surya sebagai sumber energi pusat data dan kendali tersebut. (*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia