Breaking News

Idul Adha, Ponpes Hidayatul Ihsan NWDI Tebaban Gelar Kurban Perdana


FOTO: Ketua Yayasan Bersama Panitia Kurban dan pihak BPKH.


LOTIM BumiGoraMedia.com - Idul Adha 1442 H. Pondok Pesantren Hidayatul Ihsan Nahdlatul Wathan Diniah Islamiah (NWDI) Gelar Kurban Perdana pada Rabu, (21/07/2021) dilapangan Madrasah Desa Tebaban Barat Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur NTB.


Ditemui media ini ketua Yayasan Muh Juaini, S. PT mengungkapkan, Kurban hewan yang dilaksanakan hari ini merupakan kurban yang digelar pertama kali selama didirikannya yayasan tersebut. "Kurban ini merupakan kurban kali pertama yang kita lakukan, yang dari sebelumnya yayasan ini tidak pernah melakukan kurban," tegasnya.

Di akuinya bahwa, hewan kurban yang di sembleh berjumlah empat (4) ekor. Diantaranya dua (2) ekor sapi dan dua (2) ekor kambing.  Adapun daging kurban tersebut menyasar dibagikan kewali murid yang Notavenenya sekolah dimadrasah setempat itu sendiri.


Tidak hanya itu kata Ketua Yayasan M Juaini, daging kurban tersebut juga menyasar dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima daging kurban tersebut. "Alhamdulillah, daging kurban ini kita akan bagikan kepada wali murid dan masyarakat yang berhak menerima  melalui panitia yang sudah kita bentuk," ujarnya.


Ditanyakan lebih lanjut terkait sumber hewan kurban, ia menjawab dengan lugas bahwa hewan kurban tersebut bersumber dari Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia (BPKH RI) satu (1) ekor sapi, DT Peduli Darul Tauhid Jakarta satu (1) ekor sapi, dan dua (2) ekor kambing dari Bupati Lombok Timur.


Muh Juaini lebih lanjut, kegiatan Kurban akan terus diupayakan ada setiap tahun atau disetiap Hari Raya kurban. " Kita akan terus menerus kedepannya mengupayakan disetiap momen Hari Raya Idul Adha untuk melakukan Kurban. Dan tak lupa kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada pihak BPKHRI, DT Peduli Darul Tauhid Jakarta, dan Bupati Lotim yang peduli terhadap Yayasan kami, Rasa syuqur tak terhingga kepada sang mahakuasa atas petunjuk-petunjuknya hingga terlaksananya kegiatan ini dan sebagai pengingat pada sejarah Nabi," imbuhnya.

Diharapkan, pemerintah dalam hal ini  senantiasa selalu andil untuk memberikan  saluran berupa hewan kurban kepada Yayasan. " pemerintah kedepanya kita harapkan agar bisa menyalurkan hewan kurban, begitu pula Badan Amil Zakat Nasional BAZNAS Lombok timur agar melirik dan bisa menjadi donatur di ponpes kami,"harapnya.


Senada dengan itu ketua panitia kurban Yayasan tersebut mengatakan, pendistribusian atau pembagian daging kurban dilakukan dengan mengantarkan langsung ke rumah wali murid dengan di bekali kupon sebagai tanda penerima manfaat. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyebaran Virus Corona yang masih blum hilang.


"Daging kurban kami bagikan dengan cara diantarkan langsung oleh panitia kurban dan pendistribusiannya juga sudah jelas memakai kupon," tandasnya. 


Semintara itu Ragil Hidayat selaku Tim pelaksana program BPKHRI kedepannya akan menyiapkan kantong-kantong sapi yang berbobot untuk mempermudah akses untuk mendapatkan sapi kurban. "Semoga kedepannya ada program-program yang bisa kita sinergikan dan bisa  menyediakan kantong-kantong kurban yang lebih komputitif, sehat dan harga yang sesuai sehingga kita juga bisa menyalurkan kedaerah-daerah lain," katanya.


Ragil selaku pelaksana program menegaskan, "bukan hanya di yayasan ini saja kami menyalurkan hewan kurban, namun kami juga menyalurkan atao memberikan donasi kepada dua Desa di Kecamatan ini yakni di Desa Bagik Payung Selatan dan Desa Tebaban (Yayasan Hidayatul Ihsan),"tutupnya. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia