Breaking News
Live
wb_sunny

HIMMAH NWDI Ajak Kadis Pertanian Tanam Ubi di Jeringo

HIMMAH NWDI Ajak Kadis Pertanian Tanam Ubi di Jeringo


Foto Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur, H. Abadi, Bersama Kabid dan Pengurus Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan Diniah Islamiah.

LOTIM BumiGoraMedia.com - Bidang pertaniaan merupakan salah satu sektor yang belum banyak digarab oleh anak-anak muda khususnya para pemuda di Lombok Timur. Padahal kita ketahui bersama bahwa pertaniaan adalah salah satu sektor yang paling cocok mengurangi masalah penganguran. Apa lagi Lotim adalah salah satu daerah yang sangat cocok untuk mengembangkan sistem ketahanan pangan yang berkelanjutan. Karna Lotim memiliki lahan yang subur dan ketersediaan air yang melimpah.

Pada kamis, (10/06/2021), alumni beasiswa Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Ketua Cabang Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan Diniah Islamiah (HIMMAH NWDI) Lotim mendatangi dan mengajak Kepala Dinas Pertaniaan Kabupaten yakni H Abadi terkait langkah-langkan strategis dalam memberdayakan pemuda disektor pertaniaan. 

Sebut saja, Muhip Abdul Majid selaku alumni beasiswa NTB bersama M Zaini ketua Cabang tersebut langsung menawarkan kepada kadis pertaniaan untuk menanam ubi jalar di lahan kosong yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) NWDI Puncak Jeringo dengan sistem mengunakan ban dan karung bekas.

"bertemu dengan pak kadis pertanian guna untuk kolaborasi, bersinergi menanam ubi jalar di lahan puncak jeringo yang di miliki SMK NWDI, ujar Muhib Abdul Majid.

Majid yang merupakan pemuda asal kecamatan suralaga menambahkan, dengan sitem menanam ubiy mengunakan karung dan ban bekas ini akan menigkatkan hasil panen dan menghasilkan kualitas ubi jalar yang baik sehingga bisa di olah menjadi bahan makanan wabil khusus lagi bisa di olah menjadi tepung sebagai bahan pembuat segala jenis makanan.

"Tawaran kolaborasi perogram ini merupakan tindak lanjut dari diskusi kader HIMMAH NWDI Cabang dan salah satu alumni beasiswa NTB dengan DPR RI komisi II HM Samsul Luthfi dua hari yang lalu di Rumah Cafe Selong," bebernya.

Kata majid, betapa pentingnya peran para pemuda khususnya kader-kader HMAH NWDI untuk ikut aktif membantu daerah melakuakan inovasi-inovasi pemberdayaan ekonomi di tengah-tengah situasi Disease Corona Virus (Covid-19).


Senada dengan itu juga, Kepala Dinas Pertanian H Abadi merespon baik tawaran kolaborasi perogram tersebut. hingga iapun mengatakan agar program yang sangat baik ini sangat penting di di lakukan sebagai bentuk usaha bersama dalam mengurangi pengangguran.

"Kami siap mensuport dan membimbing adek-adek pemuda HIMMAH NWDI untuk menjalankan perogram ketahan pangan yang di niatkan tersebut," jelasnya.

Diarahkan pula agar pemuda HIMMAH NWDI untuk membuat sebuah komunitas petani muda yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBe) sehingga tani HIMMAH NWDI kedepannya mampu menjemput program-program pemberdayaan pertaniaan yang ada di daerah maupun di pusat.

"Terimakasih kepada adk-adek alumni beasiswa NTB dan ketua HIMMAH sudah datang ke kantor untuk sering program yang memiliki nilai dan peluang besar dalam menigkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di kalangan pemuda. Dan semoga perogram ini cepat terealisasikan dan dijalankan, karna perogram ini memiliki tingkat keberlanjutan yang baik kalok di seriusi oleh adek-adek mudah HIMMAH NWDI," harapnya. 

Penulis: Muhib Am
Editor: Rachman

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler