Breaking News
Live
wb_sunny

Dinkes Lotim Terus Berupaya Tingkatkan Kualitas Puskesmas

Dinkes Lotim Terus Berupaya Tingkatkan Kualitas Puskesmas


kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Pathurrahman.

LOTIM BumiGoraMedia.com - Senin, (07/06/2021). Dinas kesehatan Kab. Lombok Timur terus berupaya meningkatkan kualitas guna mencapai akreditasi puskesmas yang ada di Kab. Lombok Timur. Sementara itu ada 4 jenis tingkatan akreditasi yang ada yaitu Dasar, Madia, Utama, dan Paripurna sebagai tingkat akreditasi tertinggi.

Terdapat 35 jumlah puskesmas yang ada  di Kab. Lombok Timur dengan tingkatkan-tingkatan akreditasi sebagai brikut, ada 4 puskesmas diantaranya yang masuk kategori dasar yaitu, Karang Baru, Kalijaga, Sembalun, dan Keruak, kemudian 17 puskesmas yang masuk kategori Madia, 8 puskesmas yang masuk kategori Utama, dan ada 5 puskesmas yang belum terakreditasi, namun sampai saat ini belum ada yang masuk kategori Paripurna, namun hal ini akan terus diupayakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Lombok Timur. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lombok Timur, Pathurrahman menyampaikan, Tujuan dari akreditasi adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Target ke depan terkait akreditasi harus naik, pihaknya juga mengatakan sudah melakukan sosialisasi, menekankan kepada pihak puskesmas terkait indikator capaian, serta sering melakukan rapat evaluasi pencapaian , mencari tau kendalanya dan mencari tau ikhtiar apa yang bisa dilakukan. 

"Saya sering menghimbau kepada pihak puskesmas supaya jangan berdiam di puskesmas, dan segera lakukan konsultasi kepada kami di Dinas Kesehatan nanti supaya kami yang turun, intinya harus ada jalinan komunikasi, konsultasi antara puskesmas dan Kabupaten supaya tidak ada permasalahan yang disembunyikan sendiri."

Lebih lanjut Pathurrahman menyampaikan, "Saya menginkan masing-masing puskesmas ini mempunyai program unggulan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada sehingga menjadi icon nantinya terhadap puskesmas tersebut, puskesmas yang ada di pinghir pantai tentu penyakit yang ada di sana berbeda dengan penyakit yang ada di daerah lain, jadi pelayanannya harus disesuaikan, ini yang menjadi harapan kami supaya kemampuan-kemampuan seperti ini bisa diimplementasikan oleh pihak puskesmas." tambahnya

"Saya berupaya memaksimalkan kemampuan teman-teman yang ada dibidang dan memaksimalkan turun ke lapangan jangan terlalu sering di kantor apabila sudah selesai melakukan pelayanan." tutupnya.

Penulis: Agus
Editor: Rachman.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler