Breaking News
Live
wb_sunny

PT Gerbang NTB Emas dan DNA Kirim Jagung Rendah Aflatoksin Ke PT Miwon

PT Gerbang NTB Emas dan DNA Kirim Jagung Rendah Aflatoksin Ke PT Miwon


FOTO: Pengurus PT Gerbang NTB Emas (GNE) dengan DNA Bersama kepala Dinas Pertanian Lombok Timur.

LOTIM BumiGiraMedia.com - PT. Gerbang NTB Emas (GNE) sebagai Badan Usahan Milik  Daerah (BUMD) dengan DNA sebagai mitra melakukan pengiriman jagung rendah Aflatoksin  keluar Nusa Tenggara Barat sejumlah 100 Ton dengan tujuan PT Miwon Indonesia.  Pengiriman Jagung Rendah Aflatoksin ini adalah pengiriman bertahap dari yangdirencanakan pengiriman sejumlah 15.000 Ton jenis tersebut yang di order oleh PT Miwon Indonesia.

Hal tersebut sangat diapresiasi betul oleh Haji Abadi selaku Kepala Dinas Pertanian kabupaten Lombok Timur, pada Minggu, (30/05/2021) saat pelepasan angkutan di gudang PT DNA. 

"Kami mengapresiasi gebrakan yang dilakukan oleh PT DNA, mudahan ini bisa mengangkat ekonomi masyarakat, sehingga kedepan betul-betul jagung ini menjadi salah satu komoditas andalan, tentu dengan pengawalan kualitas," pungkasnya. 
Pengiriman akan bertahap sesuai dengan pengumpulan Jagung rendah aflatoksin dari petani binaan yang berada di sekitar wilayah Pringgabaya dan Sambelia Lombok Timur, Pengumpulan jagung sudah disusun jadwalnya dengan bertahap dikarenakan untuk menghasilkan Jagung rendah afllatoksin  ini memerlukan treatment khusus sejak dari pembibitan sampai pemanenan.   Dan di Lombok Timur baru kurang lebih 1000 Ha lahan yang di garap untuk menghasilkan jagung seperti ini dilahan yang dibina oleh GNE-DNA.

Untuk selanjutnya Dinas Pertanian Nusa Tenggara Barat serta Dinas Pertanian Lombok Timur melihat besarnya pesanan jagung rendah Aflatoksin begitu tinggi serta harga untuk petani juga sangat bagus maka akan memperluas lahan penanaman untuk jagung rendah aflatoksin yang kemudian akan lebih memperkuat kerjasama dengan pihak perbankan terutama bank Daerah (Bank NTB Syariah) dan BUMD serta perusahaan lain.

Sementara itu Direktur Operasional PT GNE, M Ikhsanul Wathoni menerangkan bahwa, "PT GNE dilibatkan untuk mengambil peran dengan kerjasama bank NTB syariah untuk mendapatkan akses permodalan bagi para petani termasuk binaan kita dalam pengembangan jagung rendah aflatoksin," ujarnya.

Keberhasilan PT GNE dan DNA mengirim Jagung rendah Aflatoksin ini sebagai bukti kualitas jagung di NTB sangat bagus dan pabrik-pabrik makanan serta merek-merek besar di Indonesia sangat menggantung suplay Jagung Rendah Aflatoksin dari luar negeri. 

"Dari PT. Miwon sudah melakukan sampling dan menyatakan bahwa jagung binaan GNE-DNA memenuhi spesifikasi khususnya sesuai permentan tahun 2018," ungkap Dean Novel selaku pengusaha dari PT DNA.

Selain itu, "dengan formula harga yang menarik yang disepakati dengan PT. Miwon Indonesia akan memberikan keuntungan bagi para petani binaan," sambung Dean.

Dengan adanya produksi Jagung Rendah Aflatoksin di NTB diharapkan Food Industry dalam negeri bisa membeli jagung di Nusa Tenggara Barat.(BM-Firman)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler