Breaking News

Peringatan HTBS, PATHURRAHMAN: Sulit Menemukan Kasus Tampa Kerjasama

LOTIM BunmiGoraMedia.com - Peringatan hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) dan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Tim Penanggulangan TBC kabupaten Lombok Timur yang bertempat di ruangan Rupatama pada Selasa (30/03/2021).
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Pathurrahman. ( FOTO: GusBM)

Dalam Kegiatan yang dilaksanakan bersama Jaringan Masyarakat Sipil (JMS) NTB dan beberapa stekholder lainya seperti Pemerintah, Dinas-Dinas terkait , KB, beberapa Klinik suasta, Rumah Sakit suasta, NJO, dan masyarakat sipil yang merupakan kolaborasi yang cukup bagus antara Pemerintah dan non Pemerintah. 


Semantara itu Kadis Kesehatan Pathurrahman, menyampaikan masih terkendala pada penemuan kasus TBC. "Kendala kita sampai saat ini adalah, terkait dengan penemuan kasus, karena kemarin bisa dibilang kita kerja sendiri jadi itu yang membuat sulit sakali menemukan kasus, mudah-mudahan dengan sekarang ini kita lebih mundah menemukan kasus." ujar Pathurrahman Saat di temui Awak media ini. 


Lebih lanjut dirinya menyampaikan, ada dua poin besar yang menjadi permasalahan yaitu penemuan kasus yang masih rendah masih rendah, dan ketidak patuhan minum obat, dengan adanya pertemuan seperti ini kedepanya kita menyakini lebih mudah dalam menemukan kasus, dan memberikan edukasi yang baik kepada penderita TBC, dikarenakan penyakit ini adalah penyakit menular.


"TBC ini merupakan permasalahan yang harus segera diupayakan jalan keluarnya, terutama dalam penemuan kasus. Berdasarkan data yang ada sebanyak 27%, sedangkan ditargetkan mampu menemukan data sebanyak 40% pada tahun ini, bebernya. 


Terkait dengan penemuan kasus sampai saat ini di Lotim sudah ditemukan sebanyak 1310 orang, padahal diprediksikan tahun ini sebanyak 4000 an yang ingin ditemukan, sehingga lebih mudah lagi dalam mengurangi permasalahan TBC ini.(Agus)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia