Breaking News
Live
wb_sunny

Guna Untuk Persiapan BUMIL, Desa BPS Dan Puskesmas Kerongkong Gelar Serangkaian Aksi Donor Darah

Guna Untuk Persiapan BUMIL, Desa BPS Dan Puskesmas Kerongkong Gelar Serangkaian Aksi Donor Darah

LOTIM BumiGoraMedia.com - Selama pandemi Covid-19, ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) diketahui sangat menipis, atas kondisi tersebut Nurul Aini selaku awak kesehatan pada Puskesmas Kerongkong Kecamatan Suralaga gelar serangkaian aksi kemanusiaan Donor Darah guna untuk persiapan BUMIL. Selain itu juga para pendonor di bagikan vitamin berupa tablet Penambah darah, sebotol air mineral, Milo dan Pop mie. Kegiatan Donor tersebut terfokus di Aula Kantor Desa Bagik Payung Selatan (BPS) pada Senin, (15/03/2021).

Foto: masyarakat BPS Sat melakukan Donor Darah Oleh Petugas PMI Lombok Timur di Aula Kantor Desa BPS.


Diketahui, kegiatan donor darah tersebut dilakukan secara bertahap atau bergantian di masing masing Desa yang ada di Kecamatan tersebut dan Donor kali ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya dilaksanakan dan yang merupakan program husus tidak memiliki target, artinya bahwa, siapapun boleh mendonorkan darahnya jika sudah melakukan pemeriksaan sebelumnya dari pihak kesehatan dan juga dari PMI itu sendiri.


Nurul Aini yang juga merupakan salah satu perwakilan dari Puskesmas Kerongkong yang membidangi Kesehatan pada anak mengatakan bahwa kegiatan baik tersebut merupakan upaya untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah, terutama dimasa pandemi COVID-19, dan Wabil husus persiapan untuk para Ibu hamil (BUMIL) terlebih juga pada ibu yang melahirkan yang mana sekarang ini membuat cadangan atau jumlah darah yang tersedia cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah di masyarakat cenderung meningkat.

“Kegiatan donor darah ditengah pandemi COVID-19 merupakan kegiatan yang sangat mulia dan luhur, penuh tantangan untuk itu kuncinya ada di kemauan beserta protokol kesehatan yang dipersiapkan bagi pendonor maupun petugas,” ujar Nurul Aini.


Sebelum menjadi calon pendonor, para peserta harus melalui tahapan skrining terlebih dahulu, yaitu peserta akan diperiksa oleh petugas yang berwenang yakni dari pihak Puskesmas dan jugak PMI mengenai Kesehatan dan kelayakannya sebagai pendonor, sehingga proses donor dapat berlangsung dengan aman dan sehat.


Lebih lanjut, “Momen Donor Darah ini merupakan moment yang tepat untuk memotivasi masyarakat agar tidak perlu khawatir dan ragu untuk mendonorkan darahnya dimasa pandemi karena protokolnya sudah disiapkan oleh PMI dan dari Puskesmas untuk menjamin bahwa kegiatan bisa berlangsung dengan baik dan aman,” terang Nurul Aini.


Untuk diketahui, kegiatan donor darah terselenggara atas Kerjasama antara Desa setempat, Mahasiswa KKN IAIH HamzanWadi, seluruh Kekadusan diwilayah Bagik Payung Selatan,para Kader Posyandu dan Palang Merah Indonesia (PMI) Selong yang di ikuti oleh Lima Puluh (50) Pendonor terdiri dari Peria dan Wanita.


"Kegiatan Donor Darah ini tidak terlepas dari Sinergitas kami, baik dari Desa, PMI, dan Adek - adek dari Kuliah Kerja nyata (KKN) juga," papar Nurul Aini.


Senada dengan itu pula, Sekertaris Desa (SEKDES) BPS Asmuni Riadi saat di konfirmasi menegaskan, Kegiatan Donor Darah yang di laksanakan di desa ini merupakan rangkaian kerjasama atau sinergitas dari pihak Puskesmas, PMI, dan desa  untuk mengantisipasi kekosongan darah saat BUMIL dan masyarakat yang melahirkan membutuhkan. Oleh karna itu, menurut Asmuni perlu kesadaran masyarakt dalam melakukan kegiatan sosial seperti ini.


"Kegiatan ini merupakan kegiatan ibadah, saling tolong menolong antar sesama juga merupakan sebuah kewajiban, apa lagi sesama Desa kita. Sangat penting untuk kita rawat," tegasnya. (Man)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler