Breaking News
Live
wb_sunny

DPR RI HM Syamsul Luthfi Buka Kegiatan Festival Selaparang Lomba Seni Burung

DPR RI HM Syamsul Luthfi Buka Kegiatan Festival Selaparang Lomba Seni Burung

LOTIM BumiGoraMedia.com - Kegiatan Festival Selaparang yang berlangsung di Sanggar Budaya Lenek merupakan acara Festival Selaparang lomba seni suara burung derkuku, Puter pelung dan kokok ayam Indonesia, sembek burak pelestarian, penangkar burung dan ayam asli Indonesia. Hadir pula dalam kegiatan tersebut  H. M. Syamsul Luthfi S.E, M. Si yang juga selaku DPR RI dari Partai Nasional Demokrat (NASDEM) Dapil ll Pulau Lombok sekaligus sebagai sponsor dari acara tersebut, dan kegiatan ini dibuka secara resmi pada Minggu, (21/03/2021).
Anggota DPR RI, HM Syamsul Luthfi, S.E, M.Si Saat Membuka Acara Festival Selaparang bersama Tokoh Budaya dan Kepala Dinas Pariwisata Lotim. (FOTO:BM)

Dalam sambutannya, HM Syamsul Luthfi menyampaikan bahwa "masih diberikan keluangan waktu di tengah kesulitan hidup yang sama-sama kita rasakan sekarang kenapa saya katakan kesulitan hidup?Karena Kita seluruh masyarakat baik yang ada di bumi Lombok, di Indonesia maupun di seluruh belahan dunia lainnya mengalami kondisi yang sama. Mengalami krisis kesehatan dan mengalami krisis ekonomi. 

Dikatakannya, saat sekarang ini ada dua krisis dan sangat berat kita alami dan rasakan, Lain dengan tahun 1998 kita hanya Mengalami krisis politik yang setelah itu berdampak sedikit pada krisis ekonomi, namun tidak bersamaan pada saat itu. "Duluan terjadi krisis moneter, krisis ekonomi, baru terjadi krisis politik, tapi kalau sekarang kita mengalami sekaligus Yaitu Krisis kesehatan dan krisis ekonomi," jelasnya.


Dengan demikian imbuhnya, walaupun dalam kondisi dan situasi yang sangat berat kita rasakan, tidak menyurutkan semangat kita untuk terus melaksanakan aktivitas seperti biasa. Seperti halnya Aktivitas yang kita laksanakan saat ini  tentunya dengan mengedepankan Protokol kesehatan(Prokes) Covid -19, yakni dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, kemudian lebih sering berada di rumah. "inilah kondisi Kita saat ini dan patut kita semua mensyukurinya, di tengah kondisi yang sangat sulit namun alhamdulillah masyarakat kita di Lombok tetap tegar," ujar politisi NasDem itu.

Lebih jauh di sampaikannya terkait Keadaan dan situasi masyarakat Lombok secara umum saat ini masih dalam keadaan aman, tenteram, dan damai. Tidak seperti di daerah-daerah lain yang dengan kondisi krisis kesehatan dan krisis ekonomi Kadang-kadang kriminalitasnya meningkat. "Beda dengan di Lombok ini, cukup aman, dikarenakan peran serta dari para tokoh agama kita, para tokoh budaya kita, Para sesepuh kita, dan aparatur pemerintah kita yang secara bersama-sama bersinergi dalam memberikan bimbingan terhadap Publik. Bagaimana memberikan wejangan Dan bagaimana memberikan petunjuk kepada kita semua untuk selalu senantiasa menjaga situasi dan kondisi masyarakat yang aman tenteram dan damai," sambungnya.


Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata tingkat internasional, sehingga ketika Pulau Lombok ini disebut sebagai salah satu destinasi wisata tingkat internasional dan dunia yang mempunyai konsekuensi bahwa kita akan banyak menerima kedatangan orang luar yang akan berkunjung ke Pulau Lombok. 


Betapa pentingnya kita harus mengembangkan berbagai macam potensi yang kita miliki. Potensi-potensi yang dimiliki di Pulau Lombok ini luar biasa banyaknyak, di samping ada potensi sumber daya alam kita, terutama panorama alam yang luar biasa indahnya, kita punya Gunung Rinjani Kita punya beberapa pantai dan kita juga mempunyai adat istiadat dan seni yang bisa kita tonjolkan kepada wisatawan Domestik maupun wisatawan mancanegara. 


Lebih jauh HM Syamsul Luthfi Mantan Wakil Bupati Lotim tersebut, "Kegiatan seperti yang kita laksanakan pada saat ini adalah merupakan satu dari beberapa bagian yang harus kita tampilkan dalam rangka untuk kita terus mendorong dan memajukan pariwisata di daerah yang sama-sama kita cintai, Karena terus terang saja, Lombok ini adalah pulau yang kecil tapi indah, Sehingga tidak mengherankan kalau orang sekali saja berkunjung ke Lombok, maka dia akan ketagihan. Pasti dia ingin berulang kali kembali untuk Lombok." tegasnya


Di samping Lombok ini posisinya sangat strategis juga Ini sangat terkenal dengan keramahan dari masyarakatnya, itulah yang menyebabkan orang selalu ingin betah ketika berada di Lombok. Inilah yang menjadi keunggulan - keunggulan yang kita miliki selaku masyarakat yang ada di Pulau Lombok, baik masyarakat yang Cinta terhadap budaya maupun cinta terhadap kesenian yang ada di Pulau Lombok untuk terus kita lestarikan, bagaimana kita tingkatkan kualitas seni yang mempunyai nilai tambah ekonomis untuk pengembangan pariwisata ke depannya. 

"Budaya yang kita tonjolkan adalah budaya-budaya yang mempunyai nilai-nilai yang positif. Karena budaya yang ditonjolkan di Pulau Lombok ini adalah Budaya-budaya yang sesuai dengan tuntunan dan ajaran agama kita. Karena kita di Lombok adalah masyarakat yang Religius dan mencintai budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat. Banyak budaya-budaya atau tradisi yang telah dilakukan oleh para orang tua kita sejak zaman dulu yang harus terus kita pelihara sampai yang dilaksanakan saat ini." Tukasnya.


Bagaimana ketika kita melaksanakan kegiatan Kegiatan di masyarakat secara gotong royong, saling membantu satu dengan yang lain apabila ada saudara atau tetangga kita yang mengharapkan bantuan dan Sebagai macam tradisi-tradisi baik yang harus tetap kita pelihara dengan penuh semangat persatuan dan kesatuan di antara kita semua. 


"Oleh karena itu saya selaku salah satu wakil masyarakat Yang ada di pusat, karena Pulau Lombok ini ada delapan wakilnya yang menjadi Anggota DPR RI, kemudian ditambah dengan Empat anggota DPD RI, maka dalam kesempatan yang berbahagia ini sangat mengapresiasi ide-ide yang sangat positif dalam bentuk kreativitas yang ditampilkan dalam rangka untuk pelestarian, satwa, untuk Meretas berbagai hal yang selama ini berkembang di tengah masyarakat, bahwa ketika kita berbicara ayam selalu saja identik dengan Judian, tapi untuk kali ini kita bisa tampilkan bahwa kita bisa mengadakan lomba ayam dengan Melombakan suaranya dan jauh dari hal-hal yang sifatnya bertentangan dengan ajaran agama kita," tambahnya.


TGR Lombok ini tim Guyub rukun Lombok, beberapa waktu yang lalu sudah menyelenggarakan juga lomba berkuku Kemudian Lomba burung, betuk menggale dan beberapa lomba lain yang telah dilaksanakan. Dan semuanya itu bermuara pada Bagaimana untuk mengembangkan kreatifitas yang ada di tengah-tengah masyarakat. 


Jadi kata dia, hal-hal yang selama ini bersifat negatif Justru dengan kita tampilkan lomba suara ayam, maka apa yang kita dengar selama ini hal-hal yang sifatnya menjadi penyakit masyarakat seperti perjudian tentunya bisa kita tepis, bisa kita hilangkan Dengan adanya lomba atau kegiatan seperti ini. 

Ia berharap, untuk ke depannya mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sebagai salah satu dari lima kabupaten kota yang ada di Pulau Lombok, tidak boleh ketinggalan dengan kabupaten kota yang ada di Pulau Lombok, dalam rangka untuk mengembangkan kearifan lokal. 

"Kita harapkan orang yang berkunjung ke Lombok Timur akan lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena dengan makin banyaknya orang berkunjung Ke Lombok Timur, maka secara otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat kita. Sehingga sangat kita harapkan Munculnya ide dan gagasan yang kreatif seperti ini untuk terus kita tumbuh kembangkan. Baik dari aspek seni, budaya, Kemudian pariwisata dan hal-hal lain yang langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat untuk terus kita tumbuh kembangkan agar mempunyai Nilai ekonomis untuk peningkatan pendapatan di tengah-tengah masyarakat," tutupnya.

Hadir dalam kesempatan itu dari Tokoh Adat,Seni Budaya dan juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur.

(Irsyad)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler