Breaking News

Mahasiswa IAIH Pancor Sabet Juara Pertama Bidang Tahfiz Hadist Bersanad di Ajang MTQ Nasional 2024

Raih prestasi gemilang dengan sabet juar pertama di MTQ Nasional HIMAPAI di Sumatra Utara
SUMATRAUTARA Bumigoramedia.com -Pelaksnaan MTQ Nasional (MTQNAS) tahun 2024 diselenggrakan oleh Himpunan  Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (HIMAPAI) se-Indonesia di Universitas Pembangunan Panca  Budi Medan, Sumatra Utara. Pelaksanaan kegiatan ini  berlangsung sejak  12 s/d 26 Februari 2024. 

Kegiatan lomba ini dimulai dari babak penyisihan sampai dengan babak final.  Pada pelaksanaan MTQNAS HIMAPAI tahun 2024 bertemakan “Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Mahasiswa Dengan Spirit Al-Qur'an”. Cabang lomba yang diselenggarakan terkait dengan literasi tentang al-Quran seperti Tilawah, Kaligrafi, Tafsir, hadits, Karya Tulis Ilmiah al-Qur’an  dan lain-lain.

Kegiatan MTQNAS tahun 2024 ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswwi dari berbagai kampus terkemuka, di Indonesia baik PTN maupun PTS, seperti UGM, UIN Malang, UIN Sumatera Utara, Politeknik Aceh, Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan lain-lain.

Pelaksanaan MTQNAS HIMAPAI ini berlangsung secara hybrid (online dan offline) yaitu pada babak penyisihan perserta mengirimkan rekaman video ke penyelenggara untuk penilaian/seleksi babak final, dan pada babak final peserta hadir mengikuti lomba secara (fisik)langsung di  lokasi acara (Kampus Universitas Pembangunan Panca  Budi Medan, Sumatera Utara).

Untuk memaksimalkan talenta dan bakat mahasiswa-mahasiwi, IAIH Pancor mengirim dua orang mahasiswi sebagai peserta pada kegiatan bergensi pada lomba Tilawatil Qur’an dan lomba Tahfiz  100 Hadis Bersanad. Dua utusan IAIH Pancor itu adalah Nea Azkiyawati (Semester II Prodi. PAI) untuk tilawah dan Himayatul Hotimah  (semester IV Prodi. PBA) untuk cabang Tahfiz Hadis. Kedua mahasiswi ini adalah mahasiswi Fakultas Tarbiyah IAIH Pancor. 

Pada tahapan lomba, 2 orang mahasiswi IAIH Pancor melalui babak penyisihan pada cabang Tilawah masuk dalam kategori  7 besar, dan untuk cabang Tahfiz Hadith masuk dalam kategori 3 besar. Pada puncak acara final, mahasiswi IAIH Pancor atas nama Himayatul Hotimah berhasil meraih juara 1 pada lomba Tahfiz 100 Hadits Bersanad dari seluruh peserta utusan Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Dekan Fakultas Tarbiyah IAIH Pancor, Dr. Idawati kepada media mengatakan, partisipasi Mahasiswa-mahasiswi IAIH Pancor  di ajang kompetisi MTQNAS seperti ini adalah syiar kampus dan juga partisipasi IAIH Pancor dalam upaya ‘Membumikan al-Qur’an’. Selain itu, menjadi media untuk mengidentifikasi dan menfasilitasi pembinaan dan pengembangan Mahasiswa/wi berprestasi di Kampus IAIH Pancor. 

Lebih jauh, Dekan Fakultas Tarbiyah IAH Pancor menyampaikan apresiasi yang setinggi-setingginya kepada semua pihak, para pembina/mentor, para kaprodi dan lain-lain  yang telah membantu kelancaran proses kegiatan ini. 

Kepada media, Wakil Rektor IAIH Pancor, Dr. H. Abdul Hayyi Akrom, M.MPd bersyukur atas capaian dan raihan yang diperoleh oleh salah satu mahasiswi IAIH Pancor pada kegiatan MTQNAS di Medan. Lebih jauh menurutnya, IAIH Pancor akan terus memberikan pelayanan kepada mahasiswa-mahasiwi dalam rangka pengembangan bakat dan minat mereka selain melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang telah ada seperti UKM Bahasa Asing, UKM Riset, Pusat Studi Lingkungan, UKM Hamilul Qur’an dan lain-lain.  

IAIH Pancor memandang ajang kompetisi seperti MTQNAS di Medan merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan. Selain itu untuk memberi kesempatan kepada mahasiswi yang berbakat, partisipasi ini juga menjadi bagian eksistensi IAIH Pancor sebagai salah perguruan tinggi di Tanah Air. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia