Breaking News

Bupati Sukiman Buka Secara Resmi Program Tahunan Pemuda Desa Priggasela

Bupati Lombok Timur Buka Program Tahunan Pemuda Desa Pringgasela.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy kembali membuka secara resmi program tahunan dan program unggulan pemuda Desa Pringgasela, Alunan Budaya Pringgasela yang bertajuk “Pringgasela Raya di Angka 7” yang bermakna bahwa perhelatan event budaya tersebut telah di gelar sebanyak 7 kali berturut-turut yang dilaksanakan di Lapangan Umum Pringgasela pada Senin, (25/09/2023).

Event yang digelar selama 10 hari, mulai 22 September hingga 1 Oktober 2023 tersebut dihadiri Stafsus Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Taufan Rahmadi, Kadis Perindustrian Provinsi NTB, Sekda Lombok Timur, jajaran Forkopimda, dan kepala OPD lingkup Pemda Lombok Timur serta Vokalis Debu Band Mustafa.

Penampilan Tari dari Sanggar Tari Lenek hingga pertunjukan hasil karya tenun dari masyarakat Pringgasela yang dipamerkan oleh putra/putri berprestasi Lombok Timur menjadi pembuka yang memanjakan mata penonton.

Selain itu ada yang menarik dari Alunan Budaya Pringgasela tahun ini, penampilan atraksi 7 langkah proses pembuatan kain tenun yang dilakukan oleh seribu orang penenun menjadi atraksi yang membedakan dengan alunan budaya tahun lalu. 7 proses tersebut mulai dari pembuatan benang dari bunga kapas hingga menjadi selembar kain tenun.

Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, memuji event Alunan Budaya Pringgasela dengan ungkapan keren. Menurutnya event tersebut sebagai kado terindah diakhir masa jabatannya sebagai Bupati Lombok Timur.

Ia juga mengapresiasi anak muda Pringgasela yang memiliki kreatifitas dan jiwa tingginya dalam menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Pringgasela, hal tersebut terbukti dengan konsistensinya dalam menggelar event hingga 7 tahun ini.

Semangat yang diwarisi para leluhur Pringgasela baginya sudah melekat dalam jiwa pemuda Pringgasela. Untuk itu, ia berharap semangat tersebut terus dikobarkan untuk melestarikan tradisi dan budaya nenek moyang.

Bupati juga berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dapat merealisasikan event Alunan Budaya Desa Pringgasela masuk dalam kalender Nasional, sehingga budaya dan warisan yang ada di Pringgasela semakin terkenal di kancah Nasional maupun Internasional. (*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia