Breaking News

Masa Jabatan SUKMA Berakhir Dengan Zikir dan Doa

Tasyakkuran Berakhirnya Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Masa jabatan HM. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi SJ sebagai Bupati - Wakil Bupati Lombok Timur periode 2018 - 2023 telah pun berakhir pada tanggal 26 September. Sebelum secara resmi serah terima jabatan kepada Penjabat (PJ) Bupati yang akan digelar besok, keduanya berpamitan pada acara tasyakuran yang digelar di Aula Pendopo Bupati, Senin malam (25/9/2023).

Acara tersebut dihandle langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur HM. Juaini Taofik yang beberapa hari lalu ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai Penjabat Bupati Lombok Timur.

Membuka acara, HM. Juaini Taofik menyampaikan bahwa di banyak pemerintahan daerah, cara mengakhiri masa kerjanya / pelepasannya dengan beragam cara. Ada yang dengan mengundang artis, ada yang dengan jalan sehat, dan berbagai macam cara lainnya.

"Tetapi malam hari ini, pak bupati HM. Sukiman Azmy mendirektif kami bahwa semua kekuasaan itu sumbernya dari Allah SWT. Maka, kekuasaan itu juga akan diambilnya pada saatnya, dan itulah yang melatarbelakangi silaturahmi kita pada malam hari ini berbentuk tasyakuran," ucap Kak Ofik.

Walaupun, kata dia, mungkin sebagian orang menganggap acara tersebut sederhana dan biasa-biasa saja. Tetapi inilah pilihan beliau (Sukiman Azmy-red) dalam mengekspresikan rasa syukurnya dengan cara melaksanakan shalat berjamaah, yang dirangkaikan dengan zikir dan doa.

Kesyukuran itu, lanjut Kak Ofik, juga secara khusus atas perkhidmatan HM. Sukiman Azmy di Lombok Timur selama 13-14 tahun lamanya. Diceritakannya, H. Sukiman dulunya pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 1615 Lombok Timur yang setelah itu menjadi Biro Umum Kementerian Agama RI.

"Lalu dipanggil oleh masyarakat dan mengikuti Pilkada 2008-2013. Sempat jeda selama lima tahun, dan kembali pada masa bakti 2018-2023, tidak terasa karir beliau yang di Lombok Timur saja hampir 13-14 tahun," kisahnya.

"Alhamdulillah ini yang kita syukuri, tentu banyak perubahan secara fisik maupun secara non fisik yang kita alami sebagai masyarakat Lombok Timur," imbunya.

Dia membeberkan, bahwa Bupati Sukiman dalam setiap kesempatan selalu mengingatkan kepada dirinya agar memiliki misi hidup yakni selalu merasa khawatir untuk meninggalkan generasi yang lemah. Misi itu, sebagai manifestasi dari salah satu surah dalam Al-Qur'an.

Tak heran jika selama memimpin Lombok Timur, H. Sukiman merupakan bupati yang paling rajin meng-hibah-kan aset-aset Pemda kepada sekolah pemerintah maupun sekolah milik swasta, hingga kepada beberapa pondok psantren yang ada di daerah ini.

Kak Ofik menerangkan, jika dikonversi dengan ilmu pelayanan publik jaman modern yang mengatakan bahwa, pelaku pelayanan publik itu tidak an sich pemerintah, state oriented mulai ditinggalkan. Maka peran masyarakat, peran swasta memang harus dikedepankan.

"Sehingga dengan banyak sekali arahan beliau itu, tugas Sekda adalah mengkopling supaya itu tidak melanggar aturan/ melawan hukum," ujarnya.

"Tetapi beliau pak Bupati walaupun secara teori beliau tidak mengatakan goverment state sudah mulai ditinggalkan, yang akan kita kedepankan adalah publik state dimana peran pemerintah diimbangi oleh peran masyarakat dan peran swasta. Sesungguhnya praktik itu sudah diajarkan kepada kami," sambung dia.

Cerita berlanjut, Kak Ofik pun mengutarakan bagaimana Bupati Sukiman memberikan satu wejangan tentang bagaimana memimpin Lombok Timur agar selalu memperkuat silaturahmi.

Teringat akan hal itu, dia (Kak Ofik) setelah ditetapkan menjadi Penjabat Bupati Lombok Timur di masa transisi mulai berpikir banyak hal, mulai dari sarapan di mobil, hingga ATM yang sebelumnya terisi mungkin akan mulai kosong.

"Karna beliau mengajarkan kepada saya, yang namanya rizki itu adalah apa yang sudah kita makan, dan baju/ pakaian yang kita pakai. Kalo uang itu masih di ATM ato tabungan, mungkin rizkinya orang yang ada di sekitar kita. Itu yang tidak pernah saya lupa dari beliau," sebutnya.

Mengakhiri sambutan pembukaannya Kak Ofik menceritakan satu kisah yang pointnya adalah tentang keberkahan silaturahmi. Dengan silaturahmi, maka insyaallah segala masalah dapat dipecahkan.

Hadir pada acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy - H. Rumaksi SJ yang akan mengakhiri masa pengabdiannya besok, Komandan Kodim 1615 Lotim, Kapolres Lotim, Toga, Toma, para pejabat eselon II, III, dan IV, serta para timses dan relawan Sukma. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia