Breaking News

DP3AKB Lantik Duta Genre Sampai ke Tingkat Desa

H. Ahmad, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Bencana.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), melantik sekaligus pembekalan Duta Genre Desa, yang bertempat di Aula Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sabtu 20/05/2023.

Pembacaan ikrar dalam pelantikan tersebut dipandu langsung oleh kepala DP3AKB, H. Ahmad .

H. Ahmad mengungkapkan alasan terbentuknya Duta Genre, karena menurutnya, remaja akan lebur nyaman untuk bercerita kepada yang sebaya,  daripada kepada orang yang lebih tua.

"Yang namanya remaja, sulit bercerita dengan orang yang lebih tua. Kalau dengan sebaya, mereka akan lebih terbuka," tutur H. Ahmad.

Keberadaan Duta Genre ini, diharapkan bisa memberikan edukasi kepada teman sebayanya tentang narkotika dan perkawinan anak, berkolaborasi dengan dukcapil untuk mendapat adminiatrasi kependudukan. 

Oleh karenanya para Duta Genre Desa ini berasal dari remaja-remaja terbaik di tingkat desa yang telah lolos dalam proses seleksi, masa kerja Duta Genre Desa juga dibatasi hanya satu tahun, agar mereka yang telah melewati batas usia diganti dengan yang remaja yang lebih muda.

Jadi Duta Genre ini bukanlah suatu yang baru, karena sebelumnya sudah terbentuk, namun hanya tingkat provinsi dan kabupaten, dan kali ini sudah menyebar ke tingkat Desa.

"Ini bukan hal yang baru. Kalau kemarin hanya ada di Provinsi dan Kabupaten, tapi kali ini hingga tingkat desa," terangnya.

Sementara, Kepala Perwakilan Wilayah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) NTB, Lalu Makripuddin, mengatakan Duta Genre Desa dibentuk agar menjadi generasi yang unggul, sehat, dan cerdas. 

Disadari, penyelesaian permasalahan di Lombok Timur menjadi tolak ukur penyelesaian masalah di NTB. Sehingga Pemerintah Provinsi memberikan perhatian khusus pada penangan permasalahan stunting serta faktor-faktor lain penyebabnya.

"Beberapa langkah nyata dukungan Pemprov seperti penambahan tenaga P3K dari BKKBN. Termasuk anggaran juga kita berikan," sebutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, HM. Juaini Taofik yang berkesempatan hadir mewakili Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya remaja-remaja terbaik sebagai Duta Genre.

"Saya titip ke kadis PMD untuk mengantar Duta Genre ke desa, Ini program pemerintah, Bukan program saing-saingan," pesannya. (*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia