Breaking News

Susun RPD Tahun 2024-2026, Sekda Berharap Ada Gagasan Terbaik

Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur HM Juani Taofik.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Pemerintah Daerah Lombok Timur (Pemda Lotim) gelar Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Lombok Timur tahun 2024-2026 yang bertempat di Rupatama 1 Kantor Bupati pada Kamis, (02/03/2023).

Dorum Publik itu diadakan melihat akan segera berakhirnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023, ditambah dengan akan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada November 2024.

Mewakili Bupati Lotim H. M Sukiman Azmy, Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim H. M Juaini Taufik berharap semua peserta forum yang hadir bisa memberikan gagasan terbaiknya untuk memperkaya draf  rencana dokumen tersebut.

"Kami berharap kita semua bisa merumuskan isu-isu strategis, sasaran, fokus, arah kebijakan, serta arah pembangunan tahun 2024-2026," Harap Juaini Taufik.

Sekda menyampaikan pentingnya pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk membantu pemerintah dalam melakukan pelayanan pada masyarakat, dan ia berharap SPBE itu bisa dimuat dalam RPD yang sedang di bahas.
 
"pada masa transisi bisa menyiapkan SPBE yang matang, yang dapat di aplikasikan oleh semua OPD, harus dimulai dari yang kecil,” Ungkapnya.

Tidak terkecuali peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi salah satu arahan Sekda, meski pencapaian Pemda selama ini membaik, namun ada beberapa hal yang harus tetap di perhatikan seperti Indek Pembangunan Manusia (IPM).

"Ada beberapa yang masih membutuhkan perhatian, seperti Stunting yang meski penurunannya membaik, tapi ada target nasional yang harus di capai yaitu 14%," Lanjutnya.

"Pendapatan perkapita juga harus di perhatikan, harus ada intervensi sampai pada akar masalahnya, karena baginya salah satu sektor penopang perekonomian masyarakat adalah sektor pertanian," Tutupnya.

Forum itu juga dihadiri pula oleh ketua DPRD Lotim yang menyampaikan saran dan masukan/pokok pikiran dewan sebagai salah satu materi. (pan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia