Breaking News
Live
wb_sunny

Ritual "Nunas Nede" Sukiman Azmy Minta Kades Berinovasi Dan Buat Terobosan Tarik Anggaran Pusat

Ritual "Nunas Nede" Sukiman Azmy Minta Kades Berinovasi Dan Buat Terobosan Tarik Anggaran Pusat

Bupatiombok Timur, HM Sukiman Azmy, MM Saat Menghadiri Acara Ritual Nunas Nede.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Bupati Lombok Timur H. M Sukiman Azmy Hadiri acara Ritual Nunas Nede masyarakat tani jelang musim tanam yang di adakan oleh Pemerintah Desa  Kesik di Taman Wisata Tirta Ratu kesik pada Minggu, (18/12/2022).

Ritual Nunas Nede itu merupakan acara adat masyarakat desa kesik sebagai bentuk syukur atas anugrah yang telah di limpahkan tuhan atas hasil pertanian yang melimpah serta ritual tolak bala untuk musim tanam berikutnya.

Pada kesempatan tersebut H. M. Sukiman Azmy mengakui bahwa lombok Timur kaya dengan budaya yang mempesona dan adat-istiadat yang sakral yang dapat dibanggakan.

"Sembalun dengan Ngayu-Ayu, Sambelia dengan Selametan Otak Reban, Pringgabaya dengan Rebo Bontong, hingga di wilayah pesisir seperti Labuhan Lombok dan Labuhan Haji dengan selametan laut,  Ritual-ritual tersebut menurutnya tidak berbeda jauh dengan Nunas Nede, tentu semuanya itu merupakan wujud pengabdian dari hamba kepada sang khaliq dan sebagai wujud bakti manusia kepada manusia yang lain," kata sukiman dalam sambutannya.

Dengan dukungan pemerintah daerah lanjutnya, pelaksanaan ritual adat seperti itu berjalan seiring dengan membaiknya fasilitas pada Taman Wisata Tirta Ratu Kesik, tidak terkecuali seperti melindungi sumber mata air dengan menanam pohon pelindung, dimana upaya itu juga menjadi solusi agar terhindar dari bencana banjir.

"Inovasi dan terobosan-terobosan baru sangat kami harapkan dari pemerintah desa, itu semua untuk menarik dan meningkatkan anggaran dari pemerintah pusat, terlebih kemampuan provinsi maupun kabupaten terbatas dalam upaya penganggaran, mengingat jumlah desa yang ada di daerah juga cukup banyak," tutupnya. (BM-pan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler