Breaking News
Live
wb_sunny

Bahasa Sasak, Samawa, Mbojo, Termasuk Dalam 32 Bahasa Daerah yang Akan Direvitalisasi

Bahasa Sasak, Samawa, Mbojo, Termasuk Dalam 32 Bahasa Daerah yang Akan Direvitalisasi

FOTO: Sumber Humas Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Mahsin sebagai perwakilan Pemda Lotim menerima Puji Retno Hardiningtyas kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB di kantor bupati pada Selasa, (20/12/2022).

Pada kesempatan tersebut, Mahsin mengatakan Pemda lotim dalam hal ini akan mendukung segala bentuk upaya revitalisasi bahasa daerah,  khususnya bahasa sasak yang menjadi bahasa mayoritas masyarakat di daerah.

"Kami pemda lotim mendukung penuh revitalisasi bahasa itu, terlebih bahasa sasak merupakan bahasa keseharian masyarakat lotim, kami akan lakukan penguatan koordinasi baik dengan kantor bahasa maupun pemangku kepentingan yang lain," jelas Mahsin yang mewakili pemda lotim.

"Bahasa sasak juga dikenal dangan nama bahasa ibu dan itu merupakan aset daerah, untuk itu komitmen dan kepercayaan diri sangat di perlukan agar bahasa ibu bisa berkembang menjadi budaya sasak," tandasnya.

Sedangkan Puji Retno Hardiningtyas mengatakan, ada banyak bahasa daerah yang akan di revitalisasi,  dimana pihaknya sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Gubernur NTB dengan harapan bisa melakukan hal yang sama dengan pemda lotim.

"Terdapat 32 bahasa daerah yang akan direvitalisasi, tiga diantaranya ada di NTB yaitu Sasak, Samawa, dan Mbojo," katanya.

Ia sangat mengapresiasi pemda lotim dalam hal revitalisasi bahas daerah, karena selain menjadi muatan lokal di sekolah juga disebut sebagai role model terkait bahasa daerah, terlebih lotim beberapa waktu lalu juga keluar menjadi juara umum pada kegiatan tunas bahasa tingkat provinsi, tutupnya. (BM-pan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler