Breaking News
Live
wb_sunny

Apel Hari Pahlawan, Sekda Lotim Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

Apel Hari Pahlawan, Sekda Lotim Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

FOTO : Istimewa Sekda Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Kamis, (10/11/2022). Apel upacara bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2022, tingkat kabupaten Lombok Timur, dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur dengan Sekretaris Daerah bertindak sebagai Inspektur  Upacara. Selain dihadiri Forkopimda, dan pimpinan OPD, upacara juga dihadiri para veteran asal Lombok Timur. Upacara diikuti khidmat seluruh peserta yang berasal dari berbagai unsur seperti Korpri, Damkar, BPBD, Pramuka, hingga Purna Paskibraka.

Sekda M. Juani Taofik membacakan amanat Menteri Sosial Tri Risma Harini. Risma mengajak untuk mengingat para pahlawan, terutama semangat dan keikhlasannya berjuang untuk kemerdekaan bangsa. Demikian pula seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat, laskar pemuda, maupun tokoh agama dan para pengikutnya yang bersatu berjuang menghadang musuh.

Di sisi lain ia mengingatkan, sebagai bangsa saat ini juga dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih. Ia menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana tersebut termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya.

Karena itu, menurutnya pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan harus diteruskan, demikian pula pengembangan sumber pangan berbasis potensi dan kearifan lokal. Demikian pula dengan pengelolaan sumber daya air secara bijak untuk menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik.

Peringatan Hari Pahlawan 2022 yang mengangkat tema “Pahlawanku Teladanku” diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Diharapkan pula momentum Peringatan ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain.

Mengisi kemerdekaan dan meneladani para pahlawan diantaranya dapat dilakukan pula dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

Menteri juga mengajak untuk berantas kebodohan, memerangi kemiskinan dan upaya pecah–belah bangsa dan melawan paham radikal, serta menumbuhkembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah.

Selain upacara bendera, peringatan Hari Pahlawan tahun ini juga diisi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Rinjani dan Dermaga Labuhan Haji. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler