Breaking News
Live
wb_sunny

Bawaslu Lotim Gelar Penguatan Literasi Pengawasan Tahapan Pemilu

Bawaslu Lotim Gelar Penguatan Literasi Pengawasan Tahapan Pemilu

Ketua Bawaslu Kabupaten Lombok Timur, Kanan, Saat memberikan sbutan. FOTO : (Bumigoramedia.com).

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Minggu, (16/10/2022). Peran serta media dalam Pemilukada 2024 sangatlah penting, sukses atau tidaknya perpolitikan tentu sangat tinggi ketergantungannya terhadap media Online, cetak, dan Media sosial lainnya.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur, Dr. Retno Sirnopati, M.HUM, pada saat menggelar penguatan Literasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024 melalui media massa, di Hotel Green Orry Inn - Tete Batu, Kecamatan Sikur.

Retno Sirnopati dalam acara itu menyebutkan, pihaknya sampai saat ini tetap melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkait pencegahan pelanggaran dalam tahapan Pemilu. Upaya ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terjadi di tengah proses pesta demokrasi.

Selain itu, upaya Bawaslu untuk untuk memberikan sosialisasi tersebut, Retno sapaan akrabnya mengundang dari berbagai perwakilan organisasi wartawan yang ada di Lotim, hingga dirangkaikan dengan deklarasi dan penandatanganan komitmen menolak berita Hoax demi keamanan pemilu 2024 yang akan datang.

Tak hanya itu, dalam acara tersebut juga dihadirkan narasumber dari kalangan akademisi, KPU, AJI, dan bagian pelanggaran hukum dan penindakan Bawaslu.

"Upaya ini adalah untuk menjaga agar pemilu 2024 kedepan aman damai dan menjadi pemilu yang berintegritas. Sebelumnya juga (Bawaslu) pernah melakukan sosialisasi netralitas terhadap ASN dengan menghadirkan lingkup OPD, Daerah Kabupaten Lombok Timur," sambung Retno.

Masih Retno, kegiatan ini sesuai dengan tagline Bawaslu sendiri, yakni mengedepankan pencegahan pelanggaran terhadap pemilu yang akan dilaksanakan 2024. Dengan demikian, terlaksananya kegiatan bersama media di Hotel Green Orry tersebut dapat meningkatkan keterbukaan informasi  pada tahapan pemilihan tanggal 27 November 2023 maupun pemilu tanggal 14 Februari 2024.

"Bawaslu sangat butuh sinergitas media untuk memberikan informasi terhadap masyarakat luas," harapnya. (BM)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler