Breaking News

Pemancing Ini Minta POLDA Serius Menangani Kapal BBM yang di Duga Ilegal

Ketua Media Independen Online Indonesia, Lombok Timur, Abdurrahman, Saat Memancing ikan di Dermaga Labuan Haji Sore Minggu. FOTO : (Bumigoramedia).

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Minggu, (18/09/2022). Pemancing amatir menduga ribuan Liter Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diamankan oleh DitPolairud Polda Nusa Tenggara Barat merupakan perbuatan ilegal Tampa izin.

Dua kapal tersebut menurutnya patut di curigai saat melakukan bongkar muat di tengah laut yang merupakan perairan Laut Labuan Haji Lotim.

"Patut dicurigai bahwa kapal tengker membawa ribuan Liter BBM berjenis Solar di temukan bongkar muat oleh Polairud. Masak kapal muatan BBM bongkar muat dengan kapal nelayan, ada apa gerangan. Kejadian ini patut di curigai demi keamanan," kata pemancing itu

 Kapal yang muat BBM Berjenis Solar di Tahan Kapolda NTB.

Diakuinya, karena merasa penasaran Rahman yang merupakan pemancing tersebut menyebut sudah 2 kali masuk pelabuhan Labuan Haji, sengaja melihat situasi kapal yang masih bersandar yang diamankan oleh Polda NTB ini.

Oleh karena itu, diharapkan pihak Kepolisian yang dalam hal ini Polda NTB memproses dengan serius persoalan ini agar tidak menjadi isue liar di tengah Public.

"Kapal ini memang ada di dermaga. Dan memang saya juga pernah menghubungi Pak Kapolres dan Humas Polda NTB melalui Chat WA, hingga beliau-beliau membenarkan adanya kejadian ini," terang pemancing yang juga Ketua Media Independen Online Indonesia Kabupaten Lombok Timur ini.

Meski sebelumnya, Informasi yang di himpun media ini, pada Kamis, (15/9/22) sekitar pukul 17.00 WITA, Kapal PT. Cahaya Petro Energi Palembang yakni Harima Palembang, membawa BBM jenis solar sebanyak 27.270 liter menuju PT. Tripatra Nusantara Labuhan Haji di Dermaga Labuhan Haji, Lotim.

Sebelum memasuki kawasan Dermaga Labuhan Haji, kapal tersebut melakukan bongkar muat BBM ke kapal nelayan lintas nusantara tanpa seizin Sah Bandar setempat.

Tidak lama kemudian, Polairud Polda NTB datang dan melakukan pengecekan terkait berkas-berkas dan langsung mengamankan dua kapal membawa BBM jenis solar serta awak kapal.

Di hari Jumat, 16 September 2022, sekitar Pukul 11.00, WITA, kapal kedua yakni Anggun Nusantara tiba di Dermaga Labuhan Haji membawa BBM jenis Solar juga. Di perkirakan jumlah BBM yang dibawa setara dengan yang di bawa kapal. Harima Palembang.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, dihubungi Media ini membenarkan telah mengamankan dua kapal dari PT Cahaya Petro Energi, Palembang.

Dia menyebut, dua kapal diduga Ilegal tersebut ditindak oleh Dit Polairud. lantaran diduga membawa BBM yang disembunyikan di kapal ikan.

"Memang betul, kemarin kami lakukan penindakan terhadap diduga pelaku yang membawa dan melakukan pengisian ratusan ribu liter BBM," kata Kabid Humas Polda NTB, Jumat, 16 September 2022.

Selanjutnya dia mengatakan, terduga pelaku masih dilakukan penyelidikan dan pendalaman. Tetapi, pada saat diamankan, BBM tersebut disembunyikan di kapal ikan.

"Tankernya sedang kami amankan di pelabuhan Labuan Haji, Lotim," imbuhnya.

Ditegaskan Artanto, saat ini pihak Dit Polairud tengah melalukan pendalaman, mulai dari pemeriksaan saksi-saksi, serta gelar perkara.

"Kami harus dalami, mulai dari kemana BBM itu dibawa, apakah akan dijual, dijualnya berapa, dan Apakah ada unsur tindak pidana atau tidak, dan informasi-informasi lain kami akan dalami," pungkasnya. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia