Breaking News
Live
wb_sunny

Soal Sampah, MUHIR: Tanggung Jawab Orang Beriman

Soal Sampah, MUHIR: Tanggung Jawab Orang Beriman

FOTO : Sampah di Pantai Labuan Haji.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Sampah memang sampai saat ini belum mampu di tangani secara maksimal oleh pemerintah, terlebih lagi di pantai Labuan Haji sebagai Ikon pariwisata andalan di Kabupaten Lombok Timur.

Seperti yang diakui Camat Labuhan Haji, Muhir, S.Pdi saat di temuai di pantai pada Jumat, (26/08/2022), penanganan sampah ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Ini membutuhkan kesadaran kolektifitas dan tentunya adalah orang orang yang beriman yang merasa bertanggung jawab.

"Siapa yang paling bertanggung jawab terhadap penanganan sampah..? Ya tentunya adalah orang-orang yang beriman. Siapa yang merasa beriman itulah yang bertanggung jawab terhadap sampah. Sehingga kita tidak cendrung menyalahkan institusi yang lain. Annadhofatu minal iman (Kebersihan itu adalah setengah dari pada iman). Sehingga orang-orang yang melengkapi imannya ya, harus menyadari hal ini," tegasnya.

           Camt Labuan Haji, Muhir, S.P.di.

Meski demikian, Camat Muhir menyadari bahwa khususnya di Wilayah Labuan Haji, terkait sampah merupakan salah satu tanggung jawabnya sebagai pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menangani sampah tersebut. Sehingga kemudian pengelolaannya harus ditangani dengan baik.

"Kami memang penerima resiko soal sampah yang di buang sembarangan oleh masyarakat. Namun kami siap dengan hal ini," ujarnya.

Dikatakan, upaya pemerintah dalam penanganan sampah telahpun dilakukan, dari berbagai kelompok bahkan Bupati sebelumnya menurutnya telah melaksanakan apel sampah di tempat ini dengan menggerakkan kalangan ASN untuk membersihkan sampah di sekitar pantai labuan Haji ini.

Namun kata muhir, meski berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan semua elemen yang ada di Daerah ini untuk membersihkan sampah, tak cukup jika tidak disertai dengan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat.

"Tampa adanya kesadaran yang di miliki oleh semua masyarakat terkait penanganan sampah, maka tidak akan permah selesai urusan persampahan, apalagi di pantai ini yang sudah jelas hulunya. Intinya adalah kesadaran dalam penanganan sampah ini," tukasnya.

Sebagai harapan, Camat Labuan Haji memimta agar pemerintah Desa yang agar memberikan sosialisasi, edukasi terhadap masyarakat dalam menangani, mengatasi masalah sampah.

"Semua harus terlibat dalam hal ini, baik masyarakat, tokoh agama, pemuda, majlis ulamak, dan juga ikut serta dalam hal ini. Harus merumuskan bagaiman pola penanganan sampah ini," pungkasnya. (BM)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler