Breaking News

Bupati Sukiman Harapkan Tidak Adalagi OPD Capaiannya di Bawah 50 Persen

Bupati Lombok Timur, Saat Memimpin Rapat Evaluasi Pendapatan Asli Daerah.

LOMBOKTIMUR,Bumigoramedia.com Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Lombok Timur per-13/07/2022 mencapai Rp.153,29 miliar lebih atau 34,78 persen dari target Rp. 440, 73 miliar. Hal ini terlihat saat memasuki semester II tahun 2022. Hingga Angka ini pun meningkat dibandingkan periode sebelumnya yakni tahun 2021.

Terungkapnya capaian dan persentase tersebut pada rapat evaluasi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lombok timur, Rabu, (13/07/2022 di ruang rupatama satu kantor bupati.

Sejumlah OPD sudah mencapai angka di atas 40 persen seperti UPTD RSUD Lombok Timur yang sudah mencapai 55,95% atau senilai Rp.10 miliar lebih dari target Rp. 18 miliar. Selain itu ada pula Kecamatan Sakra Barat yang realisasinya di angka Rp.228 juta lebih (56.86%) dari target Rp. 402 juta lebih, di samping Dinas Koperasi dan UKM yang PADnya berada di posisi 49.85% atau senilai Rp.119,65 juta dari Rp.240 juta. Sementara ada pula OPD yang realisasinya masih di bawah 30%.

Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy pada acara yang berlangsung di Rupatama 1 itu menyampaikan terima kasihnya kepada OPD yang telah mampu mencapai realisasi sesuai harapan. Di sisi lain Bupati juga memafhumi berbagai kendala yang ditemui di lapangan sehingga realisasinya masih rendah. Namun ia berharap tiga bulan ke depan sudah tidak ada lagi OPD yang capaiannya di bawah 50 persen. Karena itu ia meminta agar OPD yang realisasinya masih rendah dapat lebih progresif lagi.

Bupati juga menugaskan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk merumuskan berbagai kendala untuk menemukan solusinya. Selain itu Bupati juga berkomitmen memberikan dukungan terhadap OPD yang menemui kendala karena keterbatasan modal seperti Dinas Perindustrian dan Dinas Perhubungan, melalui APBD Perubahan, dengan catatan kondisi keuangan daerah memungkinkan.

Pada rapat evaluasi yang diikuti pimpinan OPD dan Camat itu, Bupati menegaskan kepada Kepala Bapenda untuk lebih berani berinovasi dalam mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan daerah. (*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia