Breaking News
Live
wb_sunny

Mobilitas Tinggi, Forum BPD Lotim Berharap Bantuan Anggaran Dari Pemda

Mobilitas Tinggi, Forum BPD Lotim Berharap Bantuan Anggaran Dari Pemda

Sekjen Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Lombok Timur, Dedy Febri Rachman.

LOMBOK TIMUR, Bumigoramedia.com - Sebagai mitra kerja kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mempunyai tugas pokok untuk melakukan musyawarah khusus dimasa pandemi, serta musyawarah yang sifatnya insidentil, pembuatan peraturan desa atau telaah perdes menyesuaikan kondisi pandemi, mendengar, menampung, dan menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah Desa. Demikian disampaikan Sekjen Forum BPD Lotim, Dedy Febri Rachman. 

"Pembuatan Perdes menyesuaikan dengan kondisi pandemi,"jelasnya jum,at (31/12/2021). 

Kata Dedi, hal ini sangat diharapkan semua anggota BPD lebih banyak mensosialisasikan program pemerintah desa kepada masyarakat, terlebih di masa pandemi akibat banyaknya aturan yg sering datang terlambat dan tumpang tindih, sehingga beberapa program desa terkena refocusing ke anggaran BLT-DD. 

"Karena itu, BPD harus banyak mensosialisasikan program Desa,"terangnya.

Masih Kata Dedi, dirinya berharap adanya support dari pemerintah desa atau kepala desa guna lebih banyak memfasilitasi anggaran anggota BPD untuk mensosialisasikan program2 desa kepada masyarakat, sehingga fungsi BPD bisa maksimal.
Selain itu, forum BPD lotim bisa duduk bersama dengan forum kepala desa lotim suatu saat nanti guna kita merumuskan kebijakan bersama untuk penguatan kelembagaan dan mensejahterakan masyarakat desa.

"Kami minta juga support penuh Kepala Desa untuk memfasilitasi anggaran yang memadai,"ujarnya.

Sebelumnya pada Tahun 2020 Bupati sudah berjanji untuk tidak membatasi biaya operasional BPD se lotim, sesuai kondisi yg sama-sama kita ketahui pandemi covid19 masih merajalela sehingga anggaran defisit dan mempengaruhi anggaran dana desa (ADD) transfer pemerintah daerah kepada masing-masing desa menjadi berkurang.

"Sebelumnya Bupati pernah berjanji untuk tidak membatasi anggaran BPD, akan tetapi jika mengacungkan pada situasi kami memaklumi,"papar Dedy. 

Lebih jauh Dedy berharap,tahun 2022 mendatang, Bupati bisa memberikan anggaran kepada forum BPD lotim sehingga kita bisa melakukan peningkatan kapasitas BPD Secara bersama sama selombok timur.

"Semoga tahun ini Bupati memberikan anggaran kepada BPD,"tutupnya. (BM-gl)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler