Breaking News

Seleksi KPID, Komisi l DPRD NTB Anak Tirikan Lombok Timur



FOTO: Ketua Sarikat Masyarakat Selatan, Sayadi, SH.

LombokTimur BumiGoraMedia.com -  Sejumlah elemen masyarakat Peduli Penyiaran di Lombok Timur kembali mendesak DPRD NTB agar memperhatikan keterwakilan wilayah khususnya adanya wakil dari Lombok Timur dalam  proses penentuan 7 besar Komisioner KPID NTB terpilih periode mendatang. "Jangan di anak tirikan Lombok timur," tegas Sayadi pada Media ini, Selasa (03/08/2021) di Selong.

Berdasarkan informasi yang didapatkan oleh Serikat Masyarakat Selatan ( SMS) Kabupaten Lombok Timur  bahwa dalam seleksi pemilihan Komisioner  KPID NTB Tahun 2021 kemungkinan perwakilan dari Lombok Timur tidak ada terpilih dalam keanggotaan KPID Periode 2021 – 2024.
Menurut Ketua Serikat Masyarakat Selatan ( SMS) Kabupaten Lombok Timur Sayadi bahwa  hilangkan perwakilan Lombok Timur di Komisioner KPID lebih disebabkan oleh karna sejak awal bahwa seleksi Calon KPID NTB berbau nepotisme dan cenderung memperhatikan calon Komisioner dari  Pulau Sumbawa
"Seleksi KPID tahun ini adalah paling kotor dalam sejarah  pemilihan anggota KPID NTB, karna subyektifitas pimpinan Komisi l DPRD NTB dalam penilaian akibat adanya unsur keluarga dan anak dari pimpinan komisi ikut serta dalam  seleksi ini,"tandas aktivis LSM ini. 

Dikatakanya bahwa bila, aspek keterwakilan wilayah ini tidak diperhatikan oleh Komisi I DPRD NTB, maka pihaknya akan memperkarakan proses seleksi yang dianggapnya berpotensi melanggar ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
"Kami sudah catat sejumlah kejanggalan itu, dan kami serius memperkarakannya bila aspirasi publik ini tidak direspons dengan baik,"tegasnya.

Lebih jauh Sayadi menjelaskan, ada banyak alasan  Kabupaten Lombok Timur harus ada wakil di KPID, pertama, Lombok Timur adalah daerah dengan jumlah penduduk terbanyak dan lembaga penyiaran yang tidak sedikit."Setahu saya TV Publik lokal pertama lahir di Lombok Timur," sebutnya.
Yang kedua, katanya,  calon komisioner KPID asal Lombok Timur ada 4 orang dan mereka orang-orang yang teruji kapabilitas dan kompetensinya di bidang penyiaran dan media massa. 

Adapun 4 orang tersebut yakni Lalu Saparuddin  Direktur Penyiaran LPPL Selaparang TV, Yusron Saudi dan Fathurijal (Ketua dan Anggota KPID periode sekarang. Ada juga Ahmad Effendi yang dikenal sebagai pegiat media online  dan penulis buku." Mereka  itu layak duduk sebagai Komisioner KPID, jangan kalian yang duduk di Komisi mengabaikan daerah kami karna kepentingan keluarga dan anak kalian “ tegasnya 
Selain itu juga lanjutnya secara politis Lombok Timur merupakan kampung halaman para politisi senior di Udayana, dari para  pimpinan DPRD NTB dan  Wakil Gubernur asal Lombok Timur .

Semua argumentasi yang disampaikan tersebut  semata-mata untuk mengingatkkan Wakil rakyat yang terhormat khususnya Komisi I DPRD NTB untuk tidak menutup mata dan telinga
“Jangan sampai kecurigaan banyak kalangan bahwa KPID periode mendatang lebih banyak dari wilayah Pulau Sumbawa ini tentu konyol namanya. Jadi aspek keterwakilan wilayah asal Lombok Timur adalah harga mati,"pungkasnya. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia