Breaking News
Live
wb_sunny

ISNWDI Upayakan Menanam Sayur Menggunakan Polybak dan Masyarakat Tidak Membeli Sayur

ISNWDI Upayakan Menanam Sayur Menggunakan Polybak dan Masyarakat Tidak Membeli Sayur

Dengan luas lahan yang tidak terlalu besar, menanam menggunakan polybag akan memungkinkan menanam dengan variasi tanaman yang lebih banyak karena bisa disusun vertikal menggunakan rak. Ditambah lagi, penggunaan polybag akan membuat kita lebih hemat dalam penggunaan pupuk.
FOTO: Rapat kerja Ikatan Sarjana Nahdlatul Wathan Diniah Islamiah (ISNWDI).

LOTIM BumiGoraMedia.com - Program pemberdayaan ekonomi rumah tangga, ISNWDI akan mengupayakan menanam tanaman sayur mayur di masing - masing rumah tangga yang ada di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah, hal ini juga akan di upayakan semaksimal mungkin oleh semua anggota untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat hantaman Disease Corona Virus (Covid - 19).

Selaku pembina ISNWDI HM Khairul Rizal, pada saat rapat kerja Ahad, (02/05/2021) di Selong memaparkan bahwa program HortiKultural atau tanaman yang di budidayakan di perkebunan ataupun di sekitar halaman rumah tersebut dapat membantu dan mengurangi beban keluarga dalam pembelian sayur mayur tersebut.

"Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam upaya penanaman bibit sayur mayur di pekarangan rumah. Namun kita akan mulai dari kepengurusan ISNWDI sebagai contoh yang harus di lihat masyarakat," ujarnya.

Selain itu, menurut HM Khairul Rizal yang juga selaku Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Barat itu menyampaikan terkait hal tersebut, dirinya akan memberikan pelatihan dengan mendatangkan ahli dalam pertanian.

"Insya Allah kita akan datangkan para ahli pertanian untuk menggodok, bagaimana teknis pembibitan, penanaman dan perawatan sayur mayur dengan polibek,"tambahnya.

Ia berharap program ini di mulai dari anggota dan pengurus ISNWDI sebagai awal memulai berperogram lanjutan kepada masyarakat luas.

"Sekarang kita memulainya dari pengurus dan anggota saja dulu, kita mau buktikan sejauh mana komit ment dengan dirikita sendiri, sejauh mana sih keinginan dan keseriusan kita, pasilitas polibek tinggal kita eksekusi," pungkasnya.

Senada dengan itu, sekertaris ISNWDI, Zainul Yasni mengatakan, konci kesuksesan program ini adalah tergantung pada komit men kita. " Konsisten kita bergerak,betul betul berkontribusi, saling support,dan aktif. Sya yakin kita semua punya potensi yang harus kita salurkan. Tinggal kita harmoniskan saja gerakan - gerakan kita," harapnya.(BM)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler