Breaking News

Salurkan BLT DD BPS, PAUZI: Bantuan ini Menyasar Kepada 200 KPM

Berbagai macam upaya dilakukan Pemerintah Desa dalam membantu meringankan Beban Masyarakat dari dampak yang ditimbulkan akibat Disease Corona Virus (covid-19) pada khususnya sektor ekonomi. Memang sudah banyak jenis bantuan yang digelontorkan pemerintah pusat kepada masyarakat seperti Bansos, PKH dan lain-lain, selama pandemi ini berlangsung, namun ada sebagian masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan bantuan dari pemerintah yang tidak kebagian jatah akan hal tersebut.
Foto: Perangkat Desa BPS Saat Menyalurkan BLT DD Kepada Masyarakat.

LOTIM BumiGoraMedia.com - Pemerintah Desa Bagik Payung Selatan yang biasa di singkat BPS Kecamatan Suralaga Lombok Timur, menyalurkan Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 untuk tahap pertama. Rabu, (03/03/2021) di Aula Kantor Desa Bagik Payung Selatan. 


Penyerahan BLT tersebut secara langsung diserahkan oleh Pj. Kepala Desa Bagik Payung Selatan, Pauzi, SH. kepada masyarakat penerima manfaat sejak pukul 08.00 wita. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Trantip dari pihak Pemerintah Kecamatan, BPD, Pendamping Desa, Babhinkamtibmas dan Seluruh Perangkat Desa.


"BLT DD tahap I ini secara langsung menyasar kepada 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan ini kita laksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan, jaga jarak, memakai masker, dan cuci tangan sebelum memasuki ruangan," terang Pauzi, usai menyalurkan BLT itu.


Menurutnya, masyarakat penerima Dana tersebut secara merata tersebar di 10 Kewilayahan yang ada, dan setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing - masing menerima BLT Dana Desa berjumlah Rp. 300.000.


Lebih jauh dijelaskan bahwa, penyaluran BLT ini dilaksanakan sesuai dengan surat edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 17 tentang penyaluran Dana Desa serta Penyaluran  BLT Dana Desa Tahun 2021 dan PMK 222 tentang Pengelolaan Dana Desa agar Desa mengangarkan BLT DD pada APBDesa Tahun 2021 Sebesar Rp. 300.000 selama 12 Bulan yang di salurkan dari bulan januari sampe Desember.


Hingga, Penyaluran BLT ini diharapkan dapat membantu warga masyarakat khusunya warga miskin di Desa Bagik Payung Selatan, dalam menjalani hidup di masa terpuruknya perekonomian akibat Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini tidak bisa diperkirakan kapan musnah atau hilangnya.


"Semoga BLT yang di berikan kepada masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokok di masa sulit saat ini,"harapnya.


Senada dengan itu, Kasi Kesejahteraan (KESRA) Desa setempat Abdul Mukmin, M.Si. menambahkan bahwa, sebelum menetapkan nama-nama penerima manfaat, pihaknya terlebih dahulu melakukan musyawarah dengan semua elemen terkait sehingga data yang didapatkan benar-benar valid dan tepat sasaran. 


"sebelum penetapan nama - nama penerima dana bantuan tersebut, sudah barang tentu kami melakukan musyawarah bersama, baik dari BPD, Kawil, aparatur pemerintahan Desa, dan tentu dengan melibatkan Pendamping Desa," tukasnya di sela penyaluran tersebut.


Tak ketinggalan juga, Ketua BPD yang dalam hal ini, M. Bahri, S.Pd. sangat mengapresiasi kegiatan Pemerintah Desa dalam menyalurkan BLT kepada masyarakat yang berhak menerima.


"kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa dan seluruh jajarannya, khususnya Kasi Kesejahteraan rakyat yg sudah memverifikasi dan memvalidasi data penerima BLT DD tahun 2021 ini. Semoga apa yg kita lakukan untuk masyarakat BPS ini Tercatat sebagai Amal Ibadah kita disisi Allah SWT," tutupnya.(BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia