Breaking News
Live
wb_sunny

Jelang Ramdhan, Harga Cabai Meroket Rp 150.000 Per KG

Jelang Ramdhan, Harga Cabai Meroket Rp 150.000 Per KG

LOTIM BumiGoraMedia.com - Menjelang datangnya Bulan Suci Ramdhan harga sembako semakin meroket, terlebih saat ini yang sangat dirasakan oleh masyarakat banyak yakni harga Cabai.
Kepala Dinas Perindusterian Dan Perdagangan Kabupaten Lombok Timur, Hj. Masnan Saat di Wawancarai. (FOTO:BM)

Hal ini, menurut Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (PERINDAG) Kabupaten Lombok Timur Hj Masnan, terjadinya pelonjakan harga sembako saat ini  dikarenakan tingkat kebutuhan masyarakat yang lebih tinggi dibandingkan dengan ketersedian barang sembako terlebih pada Cabai tersebut.

"Terjadinya kenaikan harga barang sembakao saat ini adalah hal yang biasa, apalagi menjelang bulan puasa begini, dihari - hari besar lainnya juga sering mengalami kenaikan harga, seperti Maulid Nabi, dan Isro' Mikraj," ujarnya.

Namun, lanjut Masnan, salah satu Komoditi yang paling dirasakan kenaikan harganya yakni Cabai. "Meroketnya harga Cabe saat ini bersumber dari minimnya para petani yang menanam hingga berdampak pada harga yang cukup   tinggi. Meskipun minim, para petani menanam cabe tidak membubuhkan hasil panen yang maksimal. buah cabai banyak yang yang tidak normal yang di sebabkan hama dan Iklim yang tidak menentu," terangnya.


Dijelaskannya, harga cabai perkilonya saat ini berkisar sampai 150.000 Rupiah. "Betul, harga cabe saat ini untuk perkilonya mencapai 150. 000 Rupiah. Dan bukan hanya cabe, telurpun naik," bebernya.

Masnan lebih jauh menerangkan saat di temui di ruang kerjanya pada Seni, (29/03/2021) bahwa terkait persoalan tersebut, pihaknya saat ini gencar melakukan Surpey dan melakukan kegiatan sosialisasi, baik kepasar maupun ke tingkat petani seperti wilayah Desa Sambelia, Suela, dan Desa sugian Kecamatan Sambelia.

Kegiatan Surpey tersebut untuk mengetahui persentase harga hingga mengidentifikasi harga di pasar - pasar yang ada di Lotim ini.

Berbeda dari daftar informasi Harga Pasar Bulan Maret 2021 pada Dinas Ketahanan Pangan melalui Madingnya, harga cabai pada bulan ini berkisar 130.000 Rupiah.
(BM)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler