Breaking News
Live
wb_sunny

Ringankan Beban Petani Oven Tembakau, SUKIRMAN: Cangkang Kemiri Solusinya

Ringankan Beban Petani Oven Tembakau, SUKIRMAN: Cangkang Kemiri Solusinya

BumiGoraMedia LOTIM -  Perusahaan Daerah Agro Selaparang, memberikan solusi dan meringankan beban untuk para petani tembakau yang ada di Lombok Timur.
Foto Direktur Agro Selaparang, Sukirman, SH.

Pada musim tanam tembakau perusahaan tersebut siap meringankan biaya bahan bakar pengovenan tembakau para petani seperti kayu dan lain sebagainya, pasalnya PD Agro Selaparang siap menyiapkan cangkang sawit dan kemiri untuk mengganti bahan bakar pengovenan tembakau.

Direktur Utama PD Agro Selaparang, Sukirman mengatakan, dipilihnya dua item bahan bakar tersebut dikarenakan cangkang kemiri dan sawit lebih mudah didapat. Harganya juga lebih murah. Sehingga bisa menekan biaya operasional petani dan tentunya lebih meningkatkan pendapatan petani.

Di samping itu kata dia, keunggulan bahan bakar oven menggunakan cangkang kemiri dan sawit membuat kualitas pembakaran lebih baik dan sempurna penggunaannya lebih irit dibanding dengan bahan lain, selain irit aroma tembakau berbeda dari hasil oven menggunakan kayu bakar, ucapnya

Lebih lanjut upaya ini ditempuh untuk meringankan beban para petani binaan yang tiap kali melakukan pengovenan, biaya operasional lebih banyak keluar untuk membeli bahan bakar. Hal tersebut yang mempengaruhi pendapatan petani menurun.
PD Agro Selaparang selaku perusahaan daerah milik Pemkab Lotim telah menyiapkan cangkang kemiri, cangkang sawit dan tungku pembakaran.

“Sampai saat ini PD. Agro Selaparang tahun 2020 lalu sudah mendistribusikan ke para petani sekitar 1.000 ton cangkang kemiri dan cangkang sawit," kata Sukirman, Senin (08/02/2021).

Dikatakannya, pada pengadaan bahan bakar jenis ini untuk para petani tembakau pada tahun ini masih belum bisa menyentuh semua petani tembakau dan hanya bisa mengakomodir sebagian petani dari jumlah petani yang ada di Lotim. 

“Insyaallah di tahun ini PD. Agro Selaparang akan terus meningkatkan stoknya sehingga target PD. Agro Selaparang pada tahun ini semua petani bisa diakomodir kebutuhannya  dan tahun ini juga kita akan bekerja sama dengan perusahaan - perusahaan tembakau yang ada di lotim agar petani binaan masing-masing perusahaan bisa menggunakan bahan bakar ini," tutupnya, (K- Irsyad)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler