Breaking News
Live
wb_sunny

Dinas Pertanian LOTIM Rencanakan Tanam Bibit Kelapa di Wilayah Selatan

Dinas Pertanian LOTIM Rencanakan Tanam Bibit Kelapa di Wilayah Selatan

Pohon kelapa dikenal sebagai tumbuhan paling serbaguna diantara beberapa tumbuhan yang lain. Setiap bagiannya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Pohon dari jenis palem ini memiliki nama ilmiah Cocos nucifera. Kerap tumbuh di sepanjang tepi pantai umumnya di daerahbdengan iklim tropis seperti di Indonesia, wajar bila pohon kelapa mudah ditemukan terutama di Indonesia, sebagai negara dengan garis pantai terpanjang ketiga di dunia.
Foto Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Lotim, Marepudin.

LOTIM BumiGoraMedia - Terkait hal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur yang dalam hal ini Marepudin mengatakan pihaknya akan meluncurkan perencanaan terobosan dengan program penanaman bibit pohon kelapa di wilayah bagian selatan Lotim.

Program penanaman bibit kelapa yang akan di prioritaskan di wilayah selatan Lombok Timur  tersebut bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Selain itu menurut Marepudin, dengan menanam bibit pohon kelapa di wilayah selatan, juga bertujuan untuk mengantisipasi kekeringan yang kerap terjadi di setiap tahunnya.

Rencana penaman bibit pohon kelapa tersebut akan di tanam di sebagian ruas tepi pantai agar nantinya bisa mempercantik destinasi wisata  yang ada di sana, beberapa titik juga di halaman pemukiman warga, sawah dan ditempat-tempat yang lapang.

"Dengan menanam pohon diwilayah selatan seperti Keruak, Jrowaru hingga tepi pantai akan memperbaiki iklim dan cuaca di sana. Ya..dengan adanya pohon kelapa ke depanya  bisa membantu merubah iklim di wilayah selatan yang awalnya selalu panas namun setelah adanya pohon kelapa yang banyak tumbuh berubah menjadi adem ayem. Bukan hanya itu juga, tentu akan mengurangi cuaca panas yang ada di sana, terlebih lagi daerah tersebut adalah daerah destinasi wisata yang cukup ramai di kunjungi para Wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing," ujarnya pada Senin, ( 22/02/2021) di kediamannya. 

Oleh sebab itu, agar tercapainya tujuan tersebut tentu tidak lepas dari dukungan dari pemerintah  dan juga masyarakat setempat."Dukungan masyarakat sangatlah penting, dan sangat kita butuhkan demi kemajuan Daerah kita ini," bebernya.

Marepudin yang juga sebagai putra wilayah selatan itu menegaskan, pihaknya akan melakukan terobosan kepada pihak terkait terutama pemerintah pusat yang kemudian setelah itu akan melakukan sosialisasi terkait penanaman bibit kelapa tersebut kepada masyarakat khususnya di wilayah selatan.

"Kita akan mengirim proposal dulu ke pusat, supanya bisa mendapatkan bantuan bibit yang lebih banyak, setelah itu kita akan melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait program ini, karena tampa melakukan sosialisasi terlebih dahulu, tidak mungkin kita akan melaksanakannya," tambahnya.

Dirinya juga mengakui, tanpa keterlibatan dan sinergitas masyarakat setempat program tersebut tidak mungkin berjalan dengan lancar. Justru karena itu dirinya mengharapkan masyarakat setempat bisa bekerjasama dan ikut ambil andil dalam  program tersebut.

Marepudin selaku Kabid perkebunan juga menyampaikan, selain program penanaman bibit kelapa, pihaknya jugak sudah melakukan program penanaman bibit kopi yang dimana fokusnya di wilayah Kecamatan Sembalun. Tupupnya.(BM- Agus)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler