Breaking News

SURVEY PMI di 4 Kecamatan, ini Kata Ketua SBMI Lotim

Derasnya arus Migran yang sampai saat ini belum mampu di bendung, kini oleh sarikat buruh migran Indonesia berinisiasi akan melakukan kegiatan melalui survey wawancara yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Desa dalam menaggapi hingga menangani isue PMI. Sabtu, (30/01/2021).
      Foto Ketua SBMI Lotim, Usman, S Pdi.

BumiGoraMedia LOTIM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lombok Timur, akan menggelar survey dan wawancara kepada 40 desa di 4 Kecamatan pekan depan yakni akan di mulai pada tanggal 28 Januari sampai 24 Februari 2021.

Survey ini atas inisiasi Serikat Buruh Migran Indonesia ( SBMI ), International Organization Of Migration ( IOM ) dan Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa–bangsa atau United Nations Development Programme (UNDP), untuk mendapatkan gambaran besar mengenai kapasitas desa dalam menanggapi dan menangani isu pekerja migran. 

Adapun survey yang akan di gelar tersebut, akan menyebar ke 40 Desa yang berada di Kecamatan Sakra Timur, Sakra Barat, Sikur dan Kecamatan Pringgasela yang menjadi lumbung pekerja migran di Kabupaten Lombok Timur. 

 Ketua DPC SBMI Lombok Timur, Usman mengatakan, survei ini di tujukan untuk mengetahui pandangan desa mengenai fenomena migrasi. Diharapkan, survey melalui pertanyaan input secara online mendapatkan hasil yang baik untuk membantu identifikasi kebutuhan desa, menjadi desa terbaik di Nusa Tenggara Barat khususnya di kabupaten Lombok timur dalam menyikapi isu-isu terkait pekerja migran. 

Sangat penting karena perundangan yang ada, melalui UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, memberikan pengakuan terhadap wewenang dan peran penting desa sebagai bagian dari pemerintahan. "Secara khusus, UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang perlindungan pekerja Migran juga telah memuat peran desa yang strategis dalam tata kelola migrasi,"ujarnya.

Usman juga menegaskan, pihaknya akan memastikan, data-data personal dan informasi yang diberikan akan di lindungi, dan di rahasiakan, tanpa menyebutkan nama dan hanya akan digunakan untuk keperluan dafu survei ini, serta penyusunan program terkait.  

"Selama survey ke pemerintahan desa, para petugas di lengkapi surat tugas resmi dari SBMI Lombok Timur. Kita bekerjasama untuk saling  membantu suksesnya survei yang penyusunannya.  juga melibatkan badan program pembangunan PBB ini,"harapnya.(BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia