Breaking News

Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, Abdul Mukmin : Perkuat Sinergitas

Sekertaris Desa Bagik Payung Selatan, Abdul Mukmin Rifai, Tengah Mengikuti Pelatihan di Hotel Lombok Raya Mataram.

MATARAM.Bumigoramedia.com - Semakin meningkatnya kapasitas aparatur pemerintah Desa, baik kades, sekdes dan komponen lainnya, maka dapat memperkuat sinergitas dalam proses penyelenggaraan dan pembangunan desa. Bila tanpa kesatupaduan diantara elemen maka gerak langkahnya akan sulit, untuk itu harus dibangun semangat kebersamaan.

Demikian disampaikan Sekertaris Desa Bagik Payung Selatan, Abdul Mukmin Rifai Yasin pada media ini saat mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa yang difasilitasi oleh Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

”Kesuksesan pelaksanaan seluruh program pembangunan salah satunya adalah terwujudnya pemerintahan yang bersih dan dan berwibawa. Kepala desa beserta jajarannya memegang peranan penting, karena aparatur Pemerintah Desa Tampa terkecuali, semua adalah ujung tombak keberhasilan pembangunan," ujarnya Kamis, (21/09/2023).

Pemerintah Desa Bagik Payung Selatan, Kecamatan Suralaga kata Sekdes Mukmin tak mau ketinggalan dalam Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa ini. Kesempatan ini menurutnya adalah kesempatan emas untuk memperkuat dan menambah kemampuan dalam mengemban tugas sebagai Aparatur pemerintah Desa.

"Ini kesempatan yang sangat bagus untuk memperluas wawasan kita disaat mengemban tugas sebagai aparatur pemerintah desa. Banyak hal  yang didapatkan pada saat mengikuti Pelatihan ini terutama soal managemen pemerintahan sampai pengelolaan anggaran dana desa," singkatnya.

Menurut dia, kegiatan semacam ini sudah ketiga kalinya diikuti oleh seluruh aparatur desa khususnya desa Bagik Payung Selatan meski dengan cara bergantian. Baik kepala desa, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kawil, Kader Posyandu hingga Pemuda.

Lanjut Abdul Mukmin, Pelatihan ini di ikuti guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam mengemban tugas menjadi aparatur Pemerintah Desa.

"Pelatihan ini memberikan dampak positif yang sangat baik, dimna kami bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan sebagai aparatur Pemerintah. Banyak hal yang kita dapatkan seperti managmen Kepemimpinan, tatacara mengelola keuangan, bagaimana membangun Desa yang lebih baik lagi dan mandiri," Demikian Abdul Mukmin. (BM)

0 Comments

© Copyright 2022 - BumigoraMedia