Breaking News

Pimpin Rapat Evaluasi Pejabat Eselon II, Sukiman Harap Lebih Progresif Lagi

Sukiman Azmy, MM, Bupati Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Bupati Lombok Timur (Lotim) H. M Sukiman Azmy pimpin semua pejabat eslon II guna melakukan evaluasi terhadap kinerja APBD tahun 2023 untuk triwulan I yang di adakan di Rupatama 1 Kantor Bupati pada Kamis, (06/04/2023).

Berdasarkan penyampaian kepala Bappeda Lombok Timur M. Zaidar Rohman, anggaran pendapatan tahun anggaran 2023 per 31 Maret baru terealisasi sebesar 22,77% atau Rp. 713,7684 miliar lebih dari total Rp.3, 133 triliun.

Sementara anggaran belanja sampai dengan periode yang sama lanjutnya terealisasi sebesar 16,79% atau Rp. 494,872 miliar dari target Rp.2,947 triliun.

Disampaikannya juga realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 12,4% atau senilai Rp. 80,915 miliar lebih dari target Rp. 652, 350 miliar lebih,  sementara itu Penerimaan Pendapatan Transfer (PPT) terealisasi sebesar Rp. 632,768 miliar lebih atau  25,79%.

Dijelaskannya juga Pada pendapatan OPD secara umum masih di bawah 25%, kecuali untuk BPKAD,  sedangkan untuk belanja OPD sendiri hanya Dinas Pemuda dan Olahraga, BPKAD, dan Bapenda yang sudah mencapai di atas 25%.

Dari Capaian itu, Bupati berharap agar dapat lebih diprogresifkan lagi, dengan harapan triwulan ke dua nanti bisa mencapai 45-50%. Tidak hanya itu, Ia juga mengingatkan agar progres untuk Dana Alokasi Khusu (DAK) Fisik perlu mendapat perhatian.

"Progres DAK fisik perlu di tingkatkan, utamanya di tiga OPD yang DAK Fisiknya besar seperti di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta Dinas Kesehatan," pinta bupati.

Tidak hanya soal APBD, bupati pada kesempatan tersebut juga menyampaikan sejumlah aspirasi dsri masyarakat selama safari ramadhan Pemda, mulai dari infrastruktur seperti jalan hingga masalah air.

"Selain jalan yang dikeluhkan hampir semua kecamatan, gedung sekolah, air melalui sumur bor, lapangan olahraga untuk Pringgabaya, Puskesmas Pancor, Puskesmas Lepak, dan penetapan tapal batas anatara Denggen dan Songak juga harus di perhatikan," lanjutnya.

Ikut hadir pada rapat evaluasi tersebut bukan hanya dari golongan eselon II, namun juga fi hadiri oleh seluruh Kepala Bagian (Kabag) lingkup Setda Lombok Timur. (pan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia